PENGARUH BENTUK TES PILIHAN GANDA DAN JAWABAN SINGKAT TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK (Study Eksperimen di kelas VIII SMP Negeri 1 Ciledug)

ABDUR ROHMAN, (2013) PENGARUH BENTUK TES PILIHAN GANDA DAN JAWABAN SINGKAT TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK (Study Eksperimen di kelas VIII SMP Negeri 1 Ciledug). Bachelor thesis, Pusat Perpustakaan IAIN Syekh NURJATI cIREBON.

[img]
Preview
Text
ABDUR ROHMAN_OK-min.pdf

Download (854kB) | Preview

Abstract

Evaluasi hasil belajar merupakan salah satu bagian dari proses kegiatan belajar-mengajar di sekolah yang bertujuan untuk menjaring berbagai informasi mengenai potensi yang dimiliki siswa tersebut baik potensi kognitif, afektif maupun psikomotor. Tes merupakan salah satu alat evaluasi yang biasa digunakan untuk mengukur aspek kognitif siswa. Setelah mengadakan observasi di SMP Negeri 1 Ciledug, baik wawancara dengan guru maupun siswa di kelas VIII ini lebih sering menggunakan tes pilihan ganda dalam melakukan evaluasi padahal masih banyak jenis tes yang lainnya seperti tes jawaban singkat serta tanpa ditinjau dari jenis kelamin. Bertitik tolak dari uraian di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan kognitif siswa antara yang menggunakan tes pilihan ganda dan tes jawaban singkat, serta untuk mengetahui pengaruh bentuk tes terhadap kemampuan kognitif siswa ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan pendekatan kuantitatif sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan teknik tes. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Ciledug tahun pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilihlah kelas VIII E sebagai kelompok I (tespilihan ganda) dan kelas VIII A sebagai kelompok II (tes jawaban singkat). Rumus yang digunakan dalam menganalisis data adalah menggunakan anova dua jalan. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji anova dua jalan diperoleh bahwa nilai sig 0,019 < 0,1 ( , maka Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh kemampuan kognitif dilihat dari jenis tes; nilai sig 0,291 > 0,1 ( , maka Ho diterima sehingga tidak terdapat pengaruh langsung kemampuan kognitif siswa dilihat dari jenis kelamin; dan nilai sig 0,05 < 0,1( . Maka Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh inteteraksi kemampuan kognitif siswa dilihat dari bentuk tes dan jenis kelamin siswa. Berdasarkan uji lanjut Post Hoc Test hasil Tukey HSD menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan kognitif matematika antara jenis kelamin laki-laki maupun perempuan yang diberikan tes pilihan ganda dengan tes jawaban singkat. Kata kunci : kemampuan kognitif, tes pilihan ganda, tes jawaban singkat, jeni skelamin

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 03:21
Last Modified: 05 Apr 2017 03:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1700

Actions (login required)

View Item View Item