PENGARUH STRATEGI LEARNING CYCLE BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP N 1 Japara Kabupaten Kuningan

Wina Niawati, (2013) PENGARUH STRATEGI LEARNING CYCLE BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP N 1 Japara Kabupaten Kuningan. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
WINA NIAWATI_59451102-ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Wina Niawati. NIM 59451102. PENGARUH STRATEGI LEARNING CYCLE BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMPN 1 Japara Kab. Kuningan). Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Juli 1013. Strategi pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru menjadikan siswa sangat tergantung pada penjelasan seorang guru. Hal ini membuat siswa berperan pasif pada proses pembelajaran matematika dan berdampak pada rendahnya kemampuan pemahaman matematika siswa. Untuk dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa perlu adanya suatu strategi pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Strategi pembelajaran yang akan digunakan adalah strategi pembelajaran kontemporer, yakni strategi learning cycle. Dengan menerapkan strategi learning cycle diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi learning cycle berbantuan komputer terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa. Dalam penelitian ini pokok bahasan yang akan diteliti adalah pokok bahasan bangun ruang khususnya bangun ruang kubus dan balok. Learning cycle adalah salah satu model pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis yang pada mulanya terdiri dari tiga tahap, yaitu eksplorasi, pengenalan konsep dan penerapan konsep kemudian mengalami pengembangan menjadi lima tahap, yaitu pembangkitan minat, ekplorasi, penjelasan, elaborasi dan evaluasi. Penelitian dilaksanakan di SMP nergeri 1 Japara Kab. Kuningan dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII D yang terdiri dari 31 siswa. Instrumen yang digunakan berupa instrumen angket dan instrumen tes. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa 70,69% siswa merespon positif terhadap pembelajaran dengan strategi LC. Kemampuan pemahaman matematika siswa memiliki rata-rata nilai gain sebesar 0,51 atau 51% dengan peningkatan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis dengan bantuan program SPSS 16.0 diperoleh persamaan regresi = −0,473 + 0,013 dengan nilai koefisien determinan sebesar 55,2%. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian yang menggunakan teknik analisis Correlation dengan bantuan program SPSS 16.0 diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,743 yang menunjukkan hubungan yang kuat. Selain itu, hasil analisis menunjukkan nilai thitung sebesar 5,975. Untuk ttabel dicari pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (df)=31 − 2 = 29. Dengan pengujian 2 sisi (signifikansi = 0,05), maka diperoleh ttabel sebesar 2,045. Karena thitung (5,975) lebih besar dari ttabell (2,045) maka H0 ditolak, artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan antara strategi LC berbantuan komputer (X) terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa (Y).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 03:21
Last Modified: 12 Jun 2017 03:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1702

Actions (login required)

View Item View Item