PENGEMBANGAN TES STANDAR SOAL PILIHAN GANDA KONSEP LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 CIREBON

Ade Lindayani, (2013) PENGEMBANGAN TES STANDAR SOAL PILIHAN GANDA KONSEP LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 CIREBON. Bachelor thesis, Pusat Perpustakaan IAIN Syekh NURJATI Cirebon.

[img]
Preview
Text
ADE LINDAYANI (59451055)_OK-min.pdf

Download (636kB) | Preview

Abstract

Evaluasi pada dasarnya memberikan pertimbangan berdasarkan kriteria tertentu untuk mendapatkan informasi yang meyakinkan dan objektif. Soal-soal pilihan ganda merupakan salah satu bentuk tes yang menguji kemampuan yang luas yaitu C1 – C6. Namun soal pilihan ganda yang dibuat di SMP Negeri 7 Cirebon masih sebatas C1 – C3. Pada pokok bahasan lingkaran banyak kompetensi yang harus dicapai, akan tetapi pada proses evaluasinya belum semua indikator pencapaian kompetensi terwakili pada soal yang dibuat oleh guru. Sehingga perlu adanya pengembangan tes standar soal pilihan ganda konsep lingkaran. Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji kualitas soal-soal pilihan ganda konsep lingkaran yang telah dikembangkan oleh peneliti menurut tim ahli, mengkaji kualitas soal-soal pilihan ganda konsep lingkaran yang telah dikembangkan di kelas VIII SMP Negeri 7 Cirebon, dan Mengkaji hasil akhir pengembangan tes standar soal pilihan ganda konsep lingkaran kelas VIII di SMP Negeri 7 Cirebon. Penelitian pengembangan ini melalui beberapa tahap uji coba sehingga diperoleh tes standar soal pilihan ganda konsep lingkaran. Dengan tes standar yang mempunyai reliabilitas tinggi dapat diketahui penguasaan siswa terhadap suatu konsep sehingga dapat membuat keputusan yang tepat apakah perlu perbaikan dalam pembelajaran atau melanjutkan materi selanjutnya yang pada akhirnya akan meningkatkan kompetensi peserta didik. Metode yang digunakan yaitu prosedur penelitian dan pengembangan (research and development). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 7 Cirebon. Kemudian sampel sebanyak 5 kelas (190 siswa) dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan tes. Teknik analisis data dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada 12 Februari 2013 - 12 April 2013. Hasil penelitian menunjukkan desain tes standar soal pilihan ganda konsep lingkaran ada 50 butir soal dengan jenjang C1 – C6, yaitu C1 ada 8 soal (16%), C2 ada 4 soal (8%), C3 ada 15 soal (30%), C4 ada 12 soal (24%), C5 ada 5 soal (10%), dan C6 ada 6 soal (12%). Kualitas soal-soal pilihan ganda konsep lingkaran yang telah dikembangkan di kelas VIII SMP Negeri 7 Cirebon. Berdasarkan analisis lembar validasi terdapat 15 dari 50 butir soal yang harus diperbaiki dilihat dari aspek substansi, konstruksi, dan bahasa. Hasil penelitian di lapangan dengan 3 kali uji coba terbatas dan 1 kali uji coba luas diperoleh reliabilitas tes: 0,79, 0,82, 0,84, dan 0,86 dengan kategori tinggi. Daya beda soal yang dominan yaitu kategori baik dan sangat baik antara lain 62%, 77%, 69%, dan 89%. Tingkat kesukaran yang dominan dengan kategori sedang yaitu 46%, 51%, 46%, dan 47%. Validitas soal kategori valid yakni 66%, 82%, 85%, dan 93%. Tingkat distraktor (pengecoh) yang efektif: 24%, 44%, 48%, dan 54%. Hasil akhir pengembangan diperoleh 26 butir soal dengan jenjang C1 – C6, yaitu C1 ada 3 soal (12%), C2 ada 4 soal (15%), C3 ada 8 soal (31%), C4 ada 6 soal (23%), C5 ada 1 soal (4%), dan C6 ada 4 soal (15%). Kata Kunci: Evaluasi, Tes Standar, Soal Pilihan Ganda.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 03:24
Last Modified: 05 Apr 2017 03:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1703

Actions (login required)

View Item View Item