PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL-SOAL SUKU BANYAK (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPA MA Negeri Cirebon 1)

ADEK KRISTINE, (2013) PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL-SOAL SUKU BANYAK (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPA MA Negeri Cirebon 1). Bachelor thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
ADEK KRISTINE_OK-min.pdf

Download (667kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang mempelajari tentang konsep-konsep yang terstruktur dan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Semakin kuat pengaitannya maka pengaruh konsep yang akan diajarkan akan semakin kuat pula. Dalam belajar matematika hendaknya dimulai dari pemahaman yang sederhana menuju pemahaman yang kompleks. Sama halnya dalam mempelajari tentang materi suku banyak siswa harus paham dan menguasai terlebih dahulu tentang konsep operasi hitung bentuk aljabar yang merupakan salah satu dasar dari materi yang akan diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya tingkat pemahaman konsep operasi hitung bentuk aljabar, untuk mengetahui besarnya kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal suku banyak dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh pemahaman konsep operasi hitung bentuk aljabar terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal suku banyak pada siswa kelas XI IPA MA Negeri Cirebon 1. Pemahaman konsep ialah mengerti atau mengetahui tentang suatu gambaran-gambaran yang bersifat umum dari suatu permasalahan yang konkrit, yang dalam hal ini ialah berkaitan tentang materi operasi hitung bentuk aljabar. Kemampuan merupakan suatu kecakapan dalam memahami, menyerap dan menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat dan tepat, yang dalam hal ini berkaitan dengan penyelesaian soal-soal materi suku banyak. Pupulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MA Negeri Cirebon 1 yang berjumlah 163 siswa. Sedangkan dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan metode Purposive Sampling, dengan mengambil 1 kelas dari tiga kelas yang telah ditentukan. Variabel dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep operasi hitung bentuk aljabar (X) dan kemampuan menyelesaikan soal-soal suku banyak (Y). Setelah dilakukan penelitian dan analisis data dihasilkan prosentase pencapaian indikator pada tes pemahaman konsep operasi hitung bentuk aljabar sebesar 77,48% dengan skor rata-rata sebesar 75,61. Prosentase rata-rata pencapaian indikator pada tes penyelesaian soal-soal suku banyak sebesar 77,46% dengan skor rata-rata sebesar 77,80. Dalam analisis data diperoleh koefisien determinasi sebesar 63,7% yang artinya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal suku banyak sebesar 63,7% dipengaruhi oleh pemahaman konsep operasi hitung bentuk aljabar sedangkan sebesar 36,3%dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun persamaan regresi yang dihasilkan yaitu

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 03:30
Last Modified: 05 Apr 2017 03:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1707

Actions (login required)

View Item View Item