PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN MENJAWAB SOAL PEMBUKTIAN PADA MATA KULIAH ALJABAR LINEAR

YOGI S. NUGRAHA, (2013) PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN MENJAWAB SOAL PEMBUKTIAN PADA MATA KULIAH ALJABAR LINEAR. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
YOGI SAGITA NUGRAHA_OK.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

YOGI S. NUGRAHA: “Pengaruh Keterampilan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Menjawab Soal Pembuktian Pada Mata Kuliah Aljabar Linear” Keterampilan berpikir kritis adalah salah satu keterampilan tingkat tinggi dalam pembelajaran matematika. Keterampilan ini harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin mempelajari matematika. Keterampilan berpikir kritis dapat digunakan dalam pemecah kebuntuan dalam menyelesaikan permasalahan kemampuan menjawab soal pembuktian matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; a) Seberapa besar keterampilan berpikir kritis mahasiswa matematika, b) Seberapa besar kemampuan menjawab soal pembuktian mahasiswa dan c) Seberapa besar pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap kemampuan menjawab soal pembuktian pada mata kuliah Aljabar Linear mahasiswa matematika semester V IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Berpikir kritis adalah salah satu kegiatan berpikir tingkat tinggi dalam mengolah informasi guna memberikan sebuah keputusan yang tepat dalam menjawab, memberikan argumen, memberikan kesimpulan dan memberikan alternative jawaban dari rangkaian-rangkaian masalah. Pembuktian matematika adalah kegiatan membuktikan setiap pernyataan yang ada dalam matematika, baik berupa pernyataan matematika, teorema, dalil maupun rumus Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan populasi seluruh mahasiswa matematika semester V IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster sampling yaitu peneliti mengambil kelas sampel secara acak. Setelah dilakukan pengundian diperoleh kelas matematika C sebagai kelas penelitian dan kelas matematika B sebagai kelas ujicoba instrument. Untuk mengumpulkan data menggunakan hasil tes. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji linearitas, analisis regresi, koefisien determinasi dan uji t. Berdasarkan hasil analsis deskripsi data diperoleh keterampilan berpikir kritis siswa dan kemampuan menjawab soal pembuktian mahasiswa matematika berkategori cukup. Berdasarkan hasil uji statistic diperoleh bahwa nilai thitung > ttabel. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung yaitu 6,429 sedangkan t tabel adalah 1,309. Dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis terhadap kemampuan menjawab soal pembuktian. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Kemampuan Menjawab Soal Pembuktian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 03:51
Last Modified: 05 Apr 2017 03:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1708

Actions (login required)

View Item View Item