ANALISIS KUALITAS ISI LKS (LEMBAR KERJA SISWA) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SEMESTER I DI MTs ASH SHIDDIQIYYAH KALIWADAS SUMBER CIREBON

ANISAH, (2013) ANALISIS KUALITAS ISI LKS (LEMBAR KERJA SISWA) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SEMESTER I DI MTs ASH SHIDDIQIYYAH KALIWADAS SUMBER CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ANISAH_OK-min.pdf

Download (514kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Penggunaan LKS saat ini mulai menyimpang, saat ini disekolah penggunaan LKS yang awalnya hanya sebagai pemandu siswa, tetapi sekarang justru lebih banyak dijadikan sebagai pemandu utama. Frekuensi penggunaan LKS yang cukup tinggi maka harus diimbangi dengan kualitas atau mutu LKS yang tinggi pula. Dalam rangka memperbaiki kualitas LKS perlu dilakukan suatu analisis terhadap LKS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas LKS IPA terbitan Sekawan Klaten Karangan “R” kelas VIII Semester I dilihat dari segi tingkat ketepatan konsepnya, tingkat kesesuaian isi LKS dengan kurikulum, tingkat keterbacaan isi LKS, tingkat kesalahan ejaan isi LKS, dan jenjang soal. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, LKS yang diteliti adalah LKS IPA kelas VIII semester 1 terbitan Sekawan Klaten karangan “R” beberapa aspek yang akan dianalisis meliputi ketepatan konsep isi LKS, kesesuaian isi LKS dengan Kurikulum, keterbacaan diukur dengan formula Fog Index, kesalahan ejaan menurut EYD dan jenjang soal menurut taksonomi Bloom. Hasil penilaian kemudian dianalisis secara deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis dalam pembahasan bahwa: (1),Ketepatan konsep dari 73 konsep yang memadai yaitu 18% konsep dan yang berpotensi miskonsepsi yaitu 82% secara keseluruhan, terlihat bahwa dalam LKS masih banyak konsep yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi (2) Jumlah keseluruhan indikator ada 30 indikator kesesuaian isi LKS yang terakomodasi 93% dan yang yang tidak terakomodasi 7%. LKS IPA terbitan ini tidak dapat membantu siswa dalam mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditentukan,(3) hampir seluruh bab dalam LKS memiliki kategori keterbacaan yang mudah. Oleh karena itu, besar kemungkinan siswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami isi LKS, (4) Tingkat kesalahan ejaan lebih dari 50% kesalahan yang terdeteksi adalah kesalahan pengetikan kesalahan tersebut dapat berimplikasi tidak baik untuk siswa, persentase kesalahan ketikan yang paling banyak , (5) Jenjang soal LKS menunjukkan bahwa sebagian besar soal latihan masuk pada jenjang pengetahuan (C2). Perbandingan yang tidak proporsional jenjang soal-soal latihan karena persentase jenjang C1 dan C2 seharusnya jenjang soal C1 yang harus lebih tinggi persentasenya. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS IPA kelas VIII semester 1 terbitan Sekawan Klaten karangan “R” memiliki tingkat kesesuaian dengan kurikulum masih rendah, keterbacaan yang hampir seluruh bab dalam LKS memiliki kategori keterbacaan yang mudah, memiliki tingkat ejaan yang masih rendah, dan pada jenjang soalnya paling banyak adalah soal C2, seharusnya jenjang soal C1 yang harus lebih tinggi persentasenya. Adapun saran yang bisa diberikan adalah adanya perbaikan pada isi LKS, terutama yang menyangkut 5 aspek yang penulis teliti. Kata kunci: Kualitas LKS, ketepatan konsep, kesesuaian isi dengan kurikulum, tingkat keterbacaan, tingkat jenjang soal taksonomi bloom, kesalah ejaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Analisa Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 04:10
Last Modified: 05 Apr 2017 04:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1720

Actions (login required)

View Item View Item