PENINGKATAN LITERASI SAINS MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS BERVISI SETS PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 SUMBER KABUPATEN CIREBON

AMARINI MAGFIROH, (2013) PENINGKATAN LITERASI SAINS MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS BERVISI SETS PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AMARINI MAGFIROH_59461156_OK.pdf

Download (781kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Pendidikan sains di sekolah memiliki tujuan membangun masyarakat yang melek sains. Melihat hasil tes literasi yang diselenggarakan oleh PISA pada tahun 2009, data prestasi Indonesia berada pada peringkat 60 dari 65 negara peserta yang mengikuti tes. Hal ini menunjukan betapa buruknya pendidikan sains di Indonesia. Pendidikan sains semestinya bisa membentuk individu yang melek sains. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat mengcover sains dan teknologi yaitu model pembelajaran sains bervisi SETS. Pencapaian siswa dalam pengetahuan dan keterampilan sains dapat berimplikasi pada kesiapan mereka menghadapi era pemanfaatan teknologi canggih di masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengkaji peningkatan kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran bervisi SETS, (2) Untuk menganalisis perbedaan literasi sains siswa yang menggunakan pembelajaran bervisi SETS dan yang menggunakan pembelajaran dengan metode konvensional, (3) Untuk mengkaji respons dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran sains bervisi SETS terhadap kemampuan literasi sains siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X, sampel diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data hasil tes kemudian dianalisis dengan uji Independent T-test (uji t), karena sebaran data berdistribusi normal. Uji statistik menunjukkan sig. 0.000 < 0.05, Ha diterima yaitu terdapat perbedaan peningkatan literasi sains dan teknologi berdasarkan keseluruhan aspek literasi sains antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran sains bervisi SETS dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Berdasarkan hasil uji ANOVA pada kelompok atas, kelompok tengah, dan kelompok bawah menunjukkan sig sebesar 0.00 < 0.05 yang berarti Ha diterima bahwa ketiga kelompok memiliki rata-rata nilai tes yang berbeda. Hasil uji tukey menunjukkan bahwa kelompok tengah dan kelompk bawah dengan nilai sig. 0.00 dan nilai mean difference berturut-turut sebesar 0,1917 dan 0,3625 cocok diterapkan model pembelajaran sains bervisi SETS. Respon siswa terhadap pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran sains bervisi SETS termasuk kategori sangat kuat yang mana hal ini berarti siswa memberikan repon positif terhadap pembelajaran biologi yang menerapkan model pembelajaran sains bervisi SETS. Kata Kunci : Literasi sains, model pembelajaran sains bervisi SETS

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Literasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 04:18
Last Modified: 05 Apr 2017 04:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1723

Actions (login required)

View Item View Item