PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS NILAI IMTAQ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMAN 5 CIREBON

AHMAD KHAERUDIN, (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS NILAI IMTAQ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMAN 5 CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AHMAD KHAERUDIN_59461222_OK-min.pdf

Download (807kB) | Preview

Abstract

Terabaikanya sistem nilai yang semestinya menyertai proses pembelajaran dapat mengakibatkan ketimpangan intelektual dengan emosional yang pada gilirannya hanya akan melahirkan sikap siswa yang kurang peduli terhadap lingkungan. Melalui penerapan pembelajaran biologi berbasis IMTAQ merupakan upaya tersendiri dalam menjembatani ketimpangan intelektual dengan emosional tersebut. Pembelajaran biologi berbasis IMTAQ pada konsep pencemaran lingkungan yang menjadi penekanan adalah menggabungkan konsep pencemaran lingkungan yang ada dalam kurikulum dengan integrasi IMTAQ. Pembelajaran berbasis IMTAQ membuat suasana proses pembelajarannya diarahkan kepada peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pengembangan berfikir logis untuk menimbulkan kesadaran adanya sistem nilai dan moral. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengkaji penerapan pembelajaran biologi berbasis nilai IMTAQ pada sub konsep pencemaran lingkungan, 2) mengkaji aktivitas siswa pada saat penerapan pembelajaran biologi berbasis nilai IMTAQ, 3) mengkaji peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran biologi berbasis nilai IMTAQ, dan 4) mengkaji respon siswa terhadap pembelajaran biologi berbasis nilai IMTAQ pada konsep pencemaran lingkungan. Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian pretest-posttest control group desain, teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Kota Cirebon yang berjumlah 289 siswa, dan sampel yang diambil adalah siswa kelas X.2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol sebanyak 35 siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik dengan menggunakan software SPSS v.16 meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis berupa uji T (Independent) dan uji lanjutan (Anova). Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran biologi berbasis nilai IMTAQ. Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,57. Berdasarkan analisis hasil dari uji One-Way Anova menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa kelompok atas, tengah, dan bawah, dan hasil analisis lanjut uji Tukey menunjukkan bahwa pembelajaran biologi berbasis nilai IMTAQ lebih cocok digunakan untuk kelompok tengah. Kata kunci : Pembelajaran Biologi Berbasis Nilai IMTAQ, Hasil Belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 04:26
Last Modified: 05 Apr 2017 04:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1726

Actions (login required)

View Item View Item