PENGARUH KETERAMPILAN GURU MEMBERIKAN PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS XMAN BUNTET PESANTREN CIREBON

AHMAD BAEDOWI, (2013) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MEMBERIKAN PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS XMAN BUNTET PESANTREN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AHMAD BAEDOWI_59461220_OK.pdf

Download (778kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Salah satu dari delapan keterampilan guru yaitu keterampilan memberikan penguatan terkadang terlupakan diterapkan guru dalam proses pembelajaran, terkadang antara guru dan siswa terdapat jarak yang terlalu jauh sehingga pencapaian tujuan yang ditunjukkan siswa tidak sesuai dengan harapan. Keterampilan ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengekspresikan kreativitasnya dalam pembelajaran karena siswa tidak merasakan ketegangan dalam belajar. Keterampilan memberikan penguatan ini juga memberikan rasa percaya diri kepada siswa karena dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil belajar pencemaran lingkungan dengan menerapkan keterampilan memberikan penguatan. Penelitian ini mengambil lokasi di MAN Buntet Pesantren Cirebon. Data peningkatan hasil belajar pencemaran lingkungan diambil dari tes dan angket,. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, karena menggunakan uji statistik yaitu product moment, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pre test, pos test serta angket. Sample penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Buntet Pesantren Cirebon yang berjumlah 30 orang, yaitu kelas X.4 sebagai kelas kontrol dan kelas X.5 sebagai kelas eksperiment. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas uji hipotesis berupa uji T (Independent). Penelitian ini dilakukan dari tanggal 20 april sampai 20 juni 2012. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar pencemaran lingkungan siswa yang menggunakan menerapkan keterampilan memberikan penguatan. Nilai ratarata hasil belajar pencemaran lingkungan, kelas eksperimen yang menerapkan keterampilan memberikan penguatan adalah 48 pada pretest dan pada posttest adalah 67, sedangkan pada kelas kontrol dengan rata-rata 51 pada pretest dan pada posttest adalah 61.. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang berbeda antara siswa yang diberikan keterampilan pemberian penguatan dalam pembelajaran dengan siswa yang tidak. Jika dilihat dari hasil rekapitulasi angket sikap siswa sebagian besar dari pernyataan angket tergolong sangat baik, dan beberapa yang tergolong baik. sehingga dapat diartikan bahwa siswa memberi tanggapan positif terhadap keterampilan pemberian penguatan dalam pembelajaran dalam belajar pencemaran lingkungan. Kata Kunci : Hasil Belajar, Keterampilan Pemberian Penguatan, Pencemaran Lingkungan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 04:32
Last Modified: 05 Apr 2017 04:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1727

Actions (login required)

View Item View Item