Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Klinik Erha Skin Cirebon)

Indah Ayu Lestari, (2015) Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Klinik Erha Skin Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI INDAH AYU LESTARI (WM BLM).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Indah Ayu Lestari : “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. (Studi Kasus Klinik Erha Skin Cirebon).” Perusahaan yang bergerak di bidang jasa haruslah dapat mempertahankan reputasi yang baik di mata konsumennya. Harga yang tejangkau dapat menjadikan minat beli seorang konsumen untuk menggunakan suatu barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan, juga kualitas pelayanan yang baik akan cenderung memberikan kepuasan dan kepercayaan yang lebih kepada konsumen yang menggunakan jasa pada perusahaan tersebut. Tanpa memperhatikan kualitas pelayanan kepuasan konsumen maka jangan harap perusahaan dapat terus mempertahankan image di mata konsumen. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Seberapa besar pengaruh harga dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen klinik Erha skin Cirebon?, seberapa besar pengaruh harga secara parsial terhadap kepuasan konsumen klinik Erha skin Cirebon?, dan seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan konsumen klinik Erha skin Cirebon?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, untuk mengetahui variabel mana antara harga dan kualitas pelayanan yang memiliki pengaruh lebih besar terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data angket atau kuesioner. Populasi yang digunakan adalah para konsumen yang pernah menggunakan jasa di Erha Skin Cirebon, sedangkan metode yang digunakan untuk menentukan jumlah sampel adalah menggunakan rumus Slovinsebanyak 98 orang. Data yang dikaji dengan menggunakan hipotesis dengan tahap uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokolerasi, dan uji regresi. Data diolah dengan menggunakan program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = (8,864) + 0,186 X1 + 0,488 X2. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifar reliabel.Pada pengujian asumsi klasik data berdistribusi normal, tidak adanya multikolenieritas, semua variabel tidak megalami heteroskedastisitas, dan data ini terbebas dari terjadinya autokorelasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara harga terhadap kepuasan konsumen thitung (2,431)>ttabel (0,198) atau signifikansi 0,05 terdapat pengaruh positif antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen thitung (14,487)>ttabel (0.198) atau signifikansi 0,05 terdapat pengaruh positif antara harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan konsumen Fhitung (128,490) > Ftabel (3,09) signifikansi 0,05. Kata kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Jan 2017 02:04
Last Modified: 12 Jun 2017 04:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item View Item