EFEKTIVITAS PEMANFAATAN HIDDEN CURRICULUM LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KRANGKENG

ABDUL JAFAR, (2013) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN HIDDEN CURRICULUM LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KRANGKENG. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ABDUL JAFAR_ 59461153_OK-min.pdf

Download (789kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Proses pemblajaran tidak terlepas dari kurikulum yang merupakan sekenario proses pembelajaran, yang didalamnya terdapat mata pelajaran yang ditempuh. didalamnya tedapat muatan bahan ajar, media, strategi dan lainnya yang menurut sebagian sekolah masih blum mampu dilaksanakan secara maksimal karena berbagai kendala dan cenderung lebih memilih model pembelajaran konfensional yang dirasa lebih mudah diterapkan. Namun banyak sekolah yang tidak sadar bahwa masih ada Alternative lain yaitu dengan penggunaan Hidden curriculum yang ada pada sekolah tersebut yaitu lingkungan. Lingkungan disekitar sekolah yang di dalamnya terdapat kurikulum tersembunyi bisa dimanfaatkan sebagai pendukung pemelajaran jika dalam peneglolaan dan pelaksanaanya diatur dengan baik maka akan bedampak positif bagi proses pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang memanfaatkan hidden curriculum lingkungan sekolah dengan kelas yang hanya menggunakan metode konfensional. Keefektifan pemanfaatan hidden curriculum lingkungan sekolah pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Krangkeng dengan sampel 2 kelas yang diambil secara purposive sampling yaitu kelas X-9 kelas eksperimen dan kelas X-6 kelas kontrol, masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, angket, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol meningkat, ini dapat dilihat dari rata-rata pre test dan post test, yaitu dari 35 menjadi 75 dan 32 menjadi 54. Besarnya peningkatan yang terjadi pada kelas eksperimen dapat dilihat dari nilai N-Gain yang diperoleh yaitu 72% peningkatan sedang, 25% peningkatan yang tinggi dan 3% peningkatan rendah. Sedangkan besarnya peningktan pada kelas kontrol 356%, 42% rendah dan hanya 3% mengalami peningkatan tinggi. Dari data tersebut terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada pokok bahasan pencemaran lingkungan dengan hasil Sig (2-tailed) 0.000 pada uji independent sample t test. pembelajaran dengan pemanfaatn hidden curriculum lingkungan sekolah tergolong pembelajaran yang Efektif berdasarkan hasil oservasi kegiatan proses pembelajaran pada kelas eksperimen aktifitas siswa dalam pembelajaran dari pertemuan pertama sampai ke tiga sebesar 89%. Hasil rekapitulasi angket secara keseluruhan yang terdiri atas aspek receiving, responding, dan valuing adalah 87,9% siswa menjawab sangat setuju, sehingga sikap siswa dapat dikatakan sangat baik (sangat kuat) karena berada pada rentang 81% - 100%. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan memanfaatkan hidden curriculum lingkungan sekolah lebih besar dari kelas kontrol dengan metode konvensional.Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sesuai dengan hasil uji hipotesis, peman faatan hidden curriculum lingkungan sekolah tergolong efektif digunakan dalm pembelajaran, sedangkan respon siswa terhadap pemanfaatan hidden curriculum lingkungan sekolah berkategori sanagt baik (sangat kuat). Kata kunci : Hidden Curriculum, Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 04:38
Last Modified: 05 Apr 2017 04:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1730

Actions (login required)

View Item View Item