PENERAPAN MODUL BERBASIS CONTECTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X MAN RAJAGALUH

AAN HERAWATI, (2013) PENERAPAN MODUL BERBASIS CONTECTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X MAN RAJAGALUH. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AAN HERAWATI_59461183_OK-min.pdf

Download (617kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Proses pembelajaran yang terpaku pada LKS sebagai satu-satunya bahan ajar bagi siswa menyebabkan siswa merasa jenuh dan pasif dalam pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah bahan ajar yang mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan membuat siswa aktif dalam belajar. Bahan ajar yang dimaksud yaitu modul berbasis Contectual Teaching and Learning yang berkaitan dengan pelajaran biologi sebagai pelajaran yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Modul ini disusun semenarik mungkin yang disesuaikan dengan kebutuhan akademis siswa dan tentunya dengan harapan dapat mewujudkan proses pembelajaran yang menarik dan aktif, sehingga dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji penerapan modul berbasis Contectual Teaching and Leaning dalam proses pembelajaran biologi pada pokok bahasan pencemaran lingkungan kelas X MAN Rajagaluh, mengkaji perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan modul berbasis Contectual Teaching and Learning dengan pembelajaran konvensional dalam proses pembelajaran biologi pada pokok bahasan pencemaran lingkungan kelas X MAN Rajagaluh, mengkaji respon siswa terhadap penerapan modul berbasis Contectual Teaching and Learning dalam proses pembelajaran biologi pada pokok bahasan pencemaran lingkungan kelas X MAN Rajagaluh. Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design dengan kelompok eksperimen sebagai kelompok yang belajar dengan menggunakan modul berbasis Contectual Teaching and Learning dan kelompok kontrol yang belajar secara konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman observasi, tes tertulis dan angket siswa. Penelitian ini dilakukan di MAN Rajagaluh dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X.2 dan X.3 tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 60 orang. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu belajar dengan menggunakan modul berbasis Contectual Teaching and Learning membuat siswa menjadi lebih aktif dan lebih giat dalam mengerjakan kegiatan-kegiatan yang ada di dalam modul sehingga berjalan lancar. Untuk respon siswa terhadap penerapan modul berbasis Contectual Teaching and learning diperoleh rata-rata yaitu 82% dengan kriteria sangat kuat, sedangkan untuk peningkatan hasil belajar siswa diperoleh nilai gain untuk kelompok eksperimen 0,60 dan nilai gain untuk kelompok kontrol 0,47. Hal ini menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kata Kunci : Bahan Ajar, Modul, Contectual Teaching and Learning (CTL)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis Enterpreneurship
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 04:41
Last Modified: 05 Apr 2017 04:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1731

Actions (login required)

View Item View Item