PERBANDINGAN PENGGUNAANFACEBOOK DAN BLOG SEBAGAIMEDIA PEMBELAJARANTERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA POKOK BAHASAN EKOSISTEMDI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAHMAFATIHUL HUDA CIREBON

A. TIARA, (2013) PERBANDINGAN PENGGUNAANFACEBOOK DAN BLOG SEBAGAIMEDIA PEMBELAJARANTERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA POKOK BAHASAN EKOSISTEMDI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAHMAFATIHUL HUDA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
A. TIARA_58461200_OK.pdf

Download (771kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Perubahan paradigma pada sistem pendidikan nasional dari pengajaran menjadi pembelajaran, mengisyaratkan bahwa proses pembelajaran bukan hanya sekedar proses transfer ilmu pengetahuan, tetapi pembelajaran menuntut siswa lebih aktif dalam membangun pengetahuannya.Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam proses tersebut. Tetapi pada kenyataannya media pembelajaran masih sering terabaikan dengan berbagai alasan. Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi jika setiap fasilitator telah mempunyai pengetahuan dan ketrampilan mengenai media pembelajaran sepertifacebook dan blog yang merupakan sebuah layanan media terpopuler saat ini dengan menggunakan perangkat lunak online yang sangat mudah untuk pengguna dengan ruang untuk menulis . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji (1). hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi dengan menggunakan facebook sebagai media pembelajaran pada materi ekositem di kelas VII MTs Mafatihul Huda (2). hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi dengan menggunakan blog sebagai media pembelajaran pada materi ekositem di kelas VII MTs Mafatihul Huda. (3). perbandingan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi yang menggunakan facebookdengan yang menggunakan blog sebagai media pembelajaran pada materi ekositem di kelas VII MTs Mafatihul Huda. (4). respon siswa pada pembelajaran biologi dengan menggunakan facebookdan blog sebagai media pembelajaran pada materi ekositem di kelas VII MTs Mafatihul Huda Pendekatan penelitian secara kuantitatif, metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretes - Postest Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Mafatihul huda yang berjumlah 127 siswa dan sampel yang digunakan adalah kelas VII Bir ali (kelas eksperimenfacebook) dan VII Multazam (kelas eksperimen blog) yang masing-masing berjumlah 32 dan 34 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan angket. Analisis data yang dilakukan secara kuantitatif dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji T, dan uji Tukey secara kualitatif yaitu dengan analisis angket. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1). Hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi melalui menggunakan facebook sebagai media pembelajaran meningkat dengan rata-rata N-gain sebesar 0,43 dan berkriteria sedang, (2) Hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi melaluipenggunaan blog sebagai media pembelajaran meningkat dengan rata-rata N-gain sebesar 0,41 dan berkriteria sedang, (3). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara facebook sebagai media pembelajaran dengan blog sebagai media pembelajaran, hal ini dapat dibutikan dari hasil analisis uji T diperoleh sig. 0,78> 0,05, berarti Ha ditolak dan Ho diterima. Hasil uji tukey menunjukkan bahwa penggunaan blog sebagai media pembelajaran lebih cocok digunakan untuk kelompok tinggi.(4). Penggunaan media pembelajaran facebook yang menyatakan setuju (48,1%) dan blog (38,8%) mendapatkan respon positif dari siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran facebookdan blog mampu meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan facebookmaupun blog. Hasil uji tukey menunjukkan bahwa penggunaan blog sebagai media pembelajaran lebih cocok digunakan untuk kelompok tinggi dengan respon yang positif dari siswa. Kata kunci : media pembelajaran, facebook, blog, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 04:43
Last Modified: 07 Apr 2017 04:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1732

Actions (login required)

View Item View Item