KORELASI ANTARA KEDISIPLINAN SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AN-NUR KECAMATAN PEKALIPAN KOTA CIREBON

Aan Halimah, (2013) KORELASI ANTARA KEDISIPLINAN SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AN-NUR KECAMATAN PEKALIPAN KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AAN HALIMAH_OK-min.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Aan Halimah : Berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan di MI An-nur Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon bahwa siswa relatif masih banyak yang kurang disiplin misalnya ada siswa yang sering datang terlambat atau bahkan ada juga siswa yang sering tidak masuk sekolah, berkelahi sesama teman, dan tidak memperhatikan guru saat menerangkan pelajaran, tetapi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA semester 1 tinggi, nilai KKM 70 dengan rata-rata nilai raport 77,54. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana kedisiplinan siswa pada mata pelajaran IPA, untuk mengetahui: prestasi belajar IPA yang dicapai siswa, dan seberapa besar korelasi antara kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI An-nur Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon. Disiplin adalah kepatuhan atau ketaatan terhadap peraturan yang berlaku yang bertujuan untuk membentuk perilaku yang tertib, dan dapat disimpulkan pula bahwa kepatuhan dan ketaatan siswa terhadap berbagai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolahnya itu disebut disiplin siswa. Kedisiplinan siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan demikian semakin tinggi kedisiplinan siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajarnya. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MI An-nur Kota Cirebon yang berjumlah 290 siswa pada tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik random sampling (sampel acak) dan diambil 10% dari jumlah seluruh populasi, sehingga sampelnya adalah = 29 dibulatkan menjadi 30, jadi yang akan diteliti yaitu 30 siswa. Sampel yang akan diambil yaitu kelas 1 sebanyak 5 siswa, kelas 2 sebanyak 5 siswa, kelas 3 sebanyak 5 siswa, kelas 4 sebanyak 5 siswa, kelas 5 sebanyak 5 siswa, kelas 6 sebanyak 5 siswa yaitu dengan penyebaran angket untuk mengetahui respon/sikap tentang kedisiplinan siswa pada mata pelajaran IPA di MI An-nur Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon. Berdasarkan hasil penelitian dari penyebaran angket untuk mengetahui respon/sikap siswa terhadap kedisiplinan ternyata 50,02% menjawab “sering” berarti pada interval 40%-54% termasuk kategori kurang baik, dalam hal ini terdapat dua item pernyataan negatif sebesar 40,03% dan item pernyataan positif sebesar 54,3%, maka dapat disimpulkan lebih dari setengahnya respon/sikap siswa yaitu sebesar 54,3% siswa MI An-nur memiliki kedisiplinan yang baik, dan tingkat pencapaian prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA yaitu dengan rata-rata 81,37 termasuk kategori baik. Tingkat korelasi antara kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI An-nur termasuk kategori kuat yaitu sebesar 0,825 artinya membuktikan adanya korelasi yang signifikan, dengan demikian semakin tinggi . Untuk uji signifikansi diperoleh nilai t hitung > t tabel atau 7,80 > 2,048, dan tingkat hubungan antara kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA sebesar 68%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 02:38
Last Modified: 07 Apr 2017 02:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1737

Actions (login required)

View Item View Item