Pengaruh Sistem Pembagian Upah Waktu Kerja dan Hasil Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pabrik Batu Alam CV. Nur Alam Jaya (Studi kasus Desa Balad, Kecamatan Dukuhpuntang, Kabupaten Cirebon)

Iis Ikhsanti, (2015) Pengaruh Sistem Pembagian Upah Waktu Kerja dan Hasil Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pabrik Batu Alam CV. Nur Alam Jaya (Studi kasus Desa Balad, Kecamatan Dukuhpuntang, Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
skripsi iis (WM BLM).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

IIS IKHSANTI : Pengaruh Sistem Pembagian Upah Waktu Kerja dan Hasil Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pabrik Batu Alam CV. Nur Alam Jaya (Studi kasus Desa Balad, Kecamatan Dukuhpuntang, Kabupaten Cirebon) Sistem pengupahan merupakan kebijakan dan strategi yang menentukan kompensasi yang diterima pekerja. Kompensasi ini merupakan bayaran atau upah yang diterima oleh pekerja sebagai balas jasa atas hasil kerja mereka. Bagi pekerja, masalah sistem upah merupakan masalah yang penting karena menyangkut keberlangsungan dan kesejahteraan hidup mereka. Dan bagi perusahaan permasalahan upah juga merupakan sesuatu yang penting dikarenakan upah bisa mencapai 80% dari biaya operasional perusahaan. Upah yang terlalu tinggi akan menghasilkan harga produk menjadi terlalu mahal untuk bersaing secara efektif di pasar, namun bila gaji yang dikenakan rendah maka akan membuat pekerja keluar, semangat kerja rendah, dan produktifitas kerja menurun sehingga tingkat produksi menjadi tidak efisien. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh upah waktu kerja terhadap produktivitas karyawan, bagaimana upah hasil kerja terhadap produktivitas kerja karyawan, dan bagaimana upah waktu kerja dan hasil kerja terhadap produktivitas kerja karyawan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah sistem pembagian upah waktu kerja dan hasil kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan di Pabrik Batu Alam CV. Nur Alam Jaya, baik secara parsial maupun secara simultan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini terdapat 30 karyawan, melalui uji keabsahan validitas dan reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda, koefisien determinasi uji t dan uji f. Hasil penelitian ini diperoleh upah waktu kerja memiliki nilai thitung0,758(<ttabel = 2,04841) artinya tidak berpengaruh dengan taraf signifikan 0,455 (> 0,05) artinya tidak signifikan. Sedangkan upah hasil kerja memiliki nilai thitung10,585 (>ttabel=2,04841) artinya berpengaruh dengan signifikan 0,000 (< 0,05) artinya signifikan. Hasil uji F untuk upah waktu kerja dan upah hasil kerja sebesar 56,057 (>Ftabel3,35)dan signifikan 0,000 (< 0,05) artinya berpengaruh secara bersama-sama upah waktu kerja dan hasil kerja terhadap produktivitas kerja karyawan . Kata Kunci: Upah Waktu Kerja, Upah Hasil Kerja, dan Produktivitas Kerja

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Jan 2017 02:01
Last Modified: 12 Jun 2017 04:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item View Item