UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE GUIDED INQUIRY – DISCOVERYDI KELAS V MI MIFTAHUL HUDA SOGA TENAJAR KIDUL KECAMATAN KERTASEMAYA KABUPATEN INDRAMAYU

ABDUL ROKHIM, (2013) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE GUIDED INQUIRY – DISCOVERYDI KELAS V MI MIFTAHUL HUDA SOGA TENAJAR KIDUL KECAMATAN KERTASEMAYA KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ABDUL ROKHIM_OK-min.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

ABDUL ROKHIM : Latar belakang masalah, Di Indonesia, fungsi dan tujuan pendidikan diamanatkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) merumuskan fungsi dan tujuan pendidikan nasional yang harus digunakan dalam mengembangkan upaya pendidikan di Indonesia. Pasal 3 UU Sisdiknas menyebutkan, “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V MI Miftahul Huda Soga, Tenajar Kidul Kertasemaya melalui penerapan metode guided inquiry – discovery. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang berisi alur penelitian meliputi empat tahapan, dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk siklus. Penelitian ini berlangsung dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes hasil belajar, lembar observasi, wawancara. Teknis analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yaitu ketertkaitan antara tiga komponen antara lain : pengumpulan data / reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan : Penerapan metode guided inquiry - discovery dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V MI Miftahul Huda Soga. Hal ini dilihat dari prosentase kenaikan nilai IPA siswa kelas V dari siklus I sampai Siklus III. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai minimal 60 ada 9 anak atau 47,37%, pada siklus II siswa yang mendapat nilai minimal 60 ada 10 anak atau 52,63% dari 19 siswa, dan siklus III siswa yang mendapat nilai minimal 60 ada 17 anak atau 89,47% dari 19 anak. Dari siklus I kemudian dilaksanakan siklus II prestasi siswa mengalami prosentase kenaikan 5,26%; dari siklus II kemudian dilaksanakan siklus III mengalami prosentase kenaikan 36,84%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 02:55
Last Modified: 07 Apr 2017 02:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1740

Actions (login required)

View Item View Item