UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN DENGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KROYA KECAMATAN PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON

ABDULLAH, (2013) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN DENGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KROYA KECAMATAN PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ABDULLAH_06410226_ok-min.pdf

Download (472kB) | Preview

Abstract

ABDULLAH : Pembelajaran dan pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika di MI Negeri Kroya Kecamatan Panguragan menunjukkan hasil belajar yang belum tuntas. Pembelajaran yang memposisikan guru sebagai narasumber sementara siswa sebagai pendengar yang pasif, mengakibatkan konsep-konsep matematika kurang atau sulit dipahami. Padahal, siswa tidak cukup dengan hanya mendengar dan melihat, tetapi harus dengan melakukan aktivitas (membaca, bertanya, menjawab, mengkomunikasikan, presentasi, diskusi). Model pembelajaran kooperatif tipe STAD ( Student Team Achievement Division) dapat menjadi salah satu upaya guru untuk mencapai aspekaspek pemahaman konsep, dan lainnya yang mendorong siswa untuk aktif bertukar pikiran dengan sesamanya dan memahami suatu materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan konsep matematika siswa pada materi perkalian bilangan di MI Negeri Kroya Kecamatan Panguragan pada penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD serta mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas, sehingga pembelajaran matematika lebih bermakna bagi siswa. Penelitian yang dilakukan penulis ini diperoleh kesimpulan dengan menggunakan metode penggunaan Kooperatif Tipe STAD, pembelajaran yang dilakukan peneliti menjadi menyenangkan dan pemahaman siswa menjadi meningkat. Dengan demikian metode ini sangat membantu pemahaman siswa terhadap mata pelajaran matematika. Melalui metode penelitian tindakan kelas yang didukung dengan instrumen observasi, tes hasil belajar dan angket, sebagai upaya untuk memperbaiki permasalahan diatas, maka diterapkanlah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini memaparkan peningkatan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika pokok bahasan perkalian bilangan di kelas IV MI Negeri Kroya Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan sebanyak tiga siklus, diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar yang baik terhadap pembelajaran matematika pokok bahasan mengenal perkalian bilangan. Hasil belajar siswa pra siklus hanya 9 Siswa atau 30%, siswa yang tuntas; sedangkan 21 siswa atau 70% tidak tunas, kemudian setelah diberikan tindakan Siklus I, ketuntasan mengalami kenaikan yaitu 16 siswa atau 53.3 % dan 14 siswa atau 46.7 % siswa lainya belum tuntas. Kemudian pada siklus II juga mengalami peningkatan hal tersebut terbukti hanya 9 siswa atau 30 % siswa belum tuntas dan 70 % atau 21 orang siswa tuntas, dan pada Siklus III, mengalami peningkatan yang segnifikan yang hanya 4 siswa atau 13.3% siswa belum tuntas dan 26 siswa atau 86.7 % memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal MI Negeri Kroya yaitu 6,00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III MI Negeri Kroya Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:01
Last Modified: 07 Apr 2017 03:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1743

Actions (login required)

View Item View Item