PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN PAI POKOK BAHASAN IMAN KEPADA MALAIKAT DI SDN 3 DOMPYONG WETAN KECAMATAN GEBANG KABUPATEN CIREBON

Adi Sunardi, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN PAI POKOK BAHASAN IMAN KEPADA MALAIKAT DI SDN 3 DOMPYONG WETAN KECAMATAN GEBANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ADI SUNARDI_OK-min.pdf

Download (715kB) | Preview

Abstract

Adi Sunardi : Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreatifitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran PAI di Sekolah Dasar sebagai respon semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Terlebih lagi dalam pembelajaran PAI yang menuntut kreatifitas seorang guru harus benar-benar dilakukan. Dalam materi PAI masih banyak siswa merasa sulit untuk menghafal nama-nama dan tugas malaikat sedangkan dalam kegiatan pembelajaran, rendahnya keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa cenderung pasif, sulitnya mencari permainan educatif yang merangsang siswa untuk aktif dalam pembelajaran, sulitnya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang di ajarkan. Berdasarkan uraian permasalahan di atas, model pembelajaran kooperatif tipe make a match adalah suatu model pembelajaran yang mengaktifkan siswa dengan permainan yang mengharapkan penguasaan dan pemahaman siswa pada materi pelajaran yang telah dilaksanakan dengan cara mencari pasangan. Penerapan model pembelajaran ini akan mempermudah siswa dalam memahami dan menghafalkan nama dan tugas dari malaikat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas IV mata pelajaran PAI pokok bahasan iman kepada malaikat di SDN 3 Dompyong Wetan Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), artinya penelitian yang dilakukan didalam kelas. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 3 Dompyong Wetan Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon semester II tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 14 laki-laki dan 8 siswa perempuan. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar serta meningkatkan aktivitas Siswa Kelas IV mata pelajaran PAI pokok bahasan iman kepada malaikat di SDN 3 Dompyong Wetan Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon. Hal ini ditunjukan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa, pada siklus I rata-rata hasil tes 65, pada siklus II naik rata-rata hasil tes 75 dan pada siklus III rata-rata tes mencapai 83. Aktivitas siswa dalam KBM PAI yang aktif pada siklus I sebesar 65%, pada siklus II menjadi 78% dan siklus III mencapai 84%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:04
Last Modified: 07 Apr 2017 03:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1745

Actions (login required)

View Item View Item