UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA MATERI SPEAKING DESCRIBING PEOPLE MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELAS V SDN PENGABEAN IV KECAMATAN LOSARI KABUPATEN BREBES

AENI ASFI HANI, (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA MATERI SPEAKING DESCRIBING PEOPLE MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELAS V SDN PENGABEAN IV KECAMATAN LOSARI KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AENI ASFI HANI_58470003_ok-min.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

AENI ASFI HANI: Pada siswa kelas V SDN Pengabean IV Kecamatan Losari Kabupaten Brebes, kesulitan yang sering dialami siswa diantaranya pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Hal ini karena Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang belum bisa dicerna oleh siswa. Oleh karena itu perlu adanya inovasi media, metode dan strategi dalam proses belajar mengajar agar siswa menyukai dan mampu memahami bahasa Inggris. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk : (a) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada materi Speaking Describing People melalui media gambar di Kelas V SDN Pengabean IV Kecamatan Losari Kabupaten Brebes, (b) Untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris pada materi Speaking Describing People di kelas V SDN Pengaben IV Kecamatan Losari Kabupaten Brebes dan (c) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pelajaran Bahasa Inggris pada materi Speaking Describing People setelah menggunakan media gambar di Kelas V SDN Pengabean IV Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Siswa harus dididik melihat dan menafsirkan gambar. Mereka tidak hanya sekedar melihat apa yang ada pada gambar itu, tapi harus pula dapat mengambil kesimpulan. Kesanggupan memahami gambar banyak bergantung pada pengalaman yang telah ada. Memahami gambar memerlukan pemikiran yang kritis. Barang siapa yang dapat menafsirkan gambar, dapat pula menafsirkan situasi dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, dengan digunakannya media gambar dalam pembelajaran, perhatian anak akan semakin meningkat. Dengan meningkatnya perhatian, siswa dengan mudah memahami materi yang disampaikan, yang selanjutnya akan dapat meningkatkan hasil belajar. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya, yaitu : (a) observasi, Strategi ini dilakukan dengan pengamatan langsung ke lapangan untuk mengamati aktivitas peserta didik pada pembelajaran Bahasa Inggris, (b) tes, diberikan kepada peserta didik untuk mengetahui hasil belajar yang diperoleh selama kegiatan penelitian dari beberapa siklus, dan (c) Wawancara, digunakan untuk mendapatkan informasi dari responden tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan penelitian. Hasil data kualitatif dalam panelitian ini adalah, aktivitas siswa. Pada prasiklus aktivitas siswa 55%, pada siklus I 64,70%, pada siklus II 69,06%, dan pada siklus III 83,64%. Sedangkan hasil data kuantitatifnya adalah hasil belajar yang berupa nilai rata-rata dan nilai klasikal. Nilai rata-rata pada prasiklus mencapai 53,82, pada siklus I 58,82, pada siklus II 62,94 dan pada siklus III 75. Selain nilai rata-rata, nilai klasikal juga mengalami peningkatan. Nilai ketuntasan klasikal pada prasiklus 47,1%, pada siklus I 64,70%, pada siklus II 73,52% dan pada siklus III 94,11%. Dari hasil yang diperoleh, penelitian dengan menggunakan media gambar pada siswa SDN Pengabean IV Kecamatan Losari Kabupaten Brebes dapat meningkatkan aktivitas dan hasil beajar siswa pada materi Speaking Describing People.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:08
Last Modified: 07 Apr 2017 03:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1746

Actions (login required)

View Item View Item