MENINGKATKAN PENGUASAAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE DRILL ( LATIHAN) KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH ASSUNIYYAH 01 MULYASARI KECAMATAN LOSARI KABUPATEN CIREBON

Asih Mintarsih, (2013) MENINGKATKAN PENGUASAAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI METODE DRILL ( LATIHAN) KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH ASSUNIYYAH 01 MULYASARI KECAMATAN LOSARI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ASIH MINTARSIH_58471345_OK-min.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

Asih Mintarsih : Penelitian ini dilatarbelakangi perlunya dilakukan perbaikan dalam meningkatkan penguasaan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah yang masih rendah dan belum mencapai nilai KKM, masih rendahnya minat siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris peneliti mencoba menggunakan metode drill (latihan). Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui hasil belajar dan efektivitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas V MI Assuniyah 01 Mulyasari Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon melalui penerapan metode drill (latihan) dalam meningkatkan penguasaan keterampilan berbicara. Belajar adalah suatu perubahan perilaku akibat perilaku dengan lingkungannya. Perubahan perilaku dalam proses belajar terjadi akibat dari interaksi dengan lingkungan. Interaksi biasanya berlangsung secara sengaja. Dengan demikian belajar dikatakan berhasil apabila terjadi perubahan dalam diri individu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui angket dan tes. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas V MI Assuniyah 01 Mulyasari Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon dengan jumlah 30 siswa dengan masa penelitian selama 2 bulan terhitung mulai 16 April samapi 16 Juni 2012. Hasil penelitian dari pokok bahasan ini pada nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yakni pada pra siklus rata-rata hasil belajar siswa menunjukkan 48,67, pada siklus I peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yaitu, 59,00 dan pada siklus II mengalami rata-rata hasil belajar siswa mencapai 70,67. Hal ini proses pembelajaran dapat dikatakan tercapai (tuntas) karena hasil pada siklus II telah mencapai nilai rata-rata di atas KKM yaitu sebesar 70,67 sehingga tingkat penguasaan dan ketuntasann hasil belajar yang sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode drill (latihan) dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas V pokok bahasan describing condition MI Assuniyah 01 Mulyasari Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon berhasil dan tercapai dengan baik. Berdasarkan dari peneltian tindakan kelas yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Meningkatnya pencapaian hasil belajar siswa tiap siklus dan efektivitas penerapan metode drill (latihan) pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi pokok describing condition menunjukan hasil belajar siswa yang baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:22
Last Modified: 07 Apr 2017 03:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1753

Actions (login required)

View Item View Item