EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TUK KECAMATAN KEDAWUNG KABUPATEN CIREBON

Cicit Rosidah, (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TUK KECAMATAN KEDAWUNG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
CICIT ROSIDAH_58471347_OK-min.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Cicit Rosidah : Tujuan dari penelitian ini adalah: Pertama,Untuk mengetahui aktivitas Belajar Siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan Model Role Playing di Kelas IV SD Negeri 2 Tuk kecamatan kedawung kabupaten cirebon, Kedua, Untuk mengetahui keefektifan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan metode Role Playing di kelas IV SD Negeri 2 Tuk, Ketiga ,Untuk mengetahui Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan Metode Role Playing di Kelas IV SD Negeri 2 Tuk Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon. Role Playing adalah Pembelajaran dengan menggunakan metode drama dalam pembelajaran yang mengajak siswa untuk aktif pembelajaran. Dalam hal ini model Role Playing dapat diharapkan dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa, Masalah yang dihadapi siswa kelas IV SD Negeri 2 Tuk dalam pembelajaran Bahasa Inggris dimana dalam proses belajar, siswanya terlihat kurang begitu semangat dalam mengikuti Mata Pelajaran Bahasa Inggris sehingga mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa tersebut. Dari sanalah timbul pertanyaan akan sejauh manakah efektivitas Penerapan metode Role Playing pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik angket, dan hasil tes belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu data kualitatif atau hasil angket selama KBM berlangsung dan data kuantitatif dengan cara diolah secara statistik dan data dari hasil tes belajar siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Tuk yang berjumlah 27 siswa dengan masa penelitian 2 bulan terhitung mulai 21Mei – 21Juli 2012. Hasil penelitian menunjukan efektivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh 11,11%, siklus II 62,96% ,dan siklus III 81,48% . Nilai rata-rata dari Hasil Belajar siswa pada siklus I 45,19 pada siklus II 62,96 dan pada siklus III 73,33%. Dan nilai aktivitas siswa siklus I 33,3% siswa yang aktif, siklus II 55,56 siswa yang aktif, dan siklus III 74,8% siswa yang aktif. Dari hasil yang diperoleh, penelitian menggunakan metode Role Playing pada siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tuk dapat meningkatkan efektivitas Belajar dan Hasil Belajar mata pelajaran Bahasa Inggris. Pada kesimpulannya penelitian dilakukan melalui 3 siklus pada efektivitas dan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa yang dapat meningkatkan efektivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Role Playing di Kelas IV SD Negeri 2 Tuk Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:25
Last Modified: 07 Apr 2017 03:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1755

Actions (login required)

View Item View Item