PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SD NEGERI I CARACAS KAB. KUNINGAN

Desti Sintia Dewi, (2013) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SD NEGERI I CARACAS KAB. KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DESTI SINTIA DEWI_59471337_OK-min.pdf

Download (499kB) | Preview

Abstract

Desti Sintia Dewi : Gaya belajar merupakan salah satu unsur penting yang harus diperhatikan dalam proses belajar untuk mewujudkan tujuan pembelajaran Matematika yang diharapkan. Karena, gaya belajar merupakan kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan, sekolah, dan dalam situasi antar pribadi. Dari hasil pengamatan terlihat bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menangkap pelajaran Matematika dan juga menyesuaikan gaya belajar mereka dengan gaya mengajar guru di sekolah. Ketidakcocokan gaya mengajar guru dan strategi yang dipilih guru dengan gaya belajar siswa membuat sulitnya siswa mengikuti proses pembelajaran dengan baik, sehingga hasil belajar kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa dan hasil belajar siswa serta menganalisis pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika di kelas V SD Negeri I Caracas Kab. Kuningan. Gaya belajar adalah cara yang dilakukan oleh seorang siswa dalam menangkap/ menyerap, cara mengingat, berpikir, memproses dan memahami suatu informasi serta cara memecahkan masalah. Tidak semua siswa melakukan cara yang sama. Begitu juga hasil belajar tiap siswa akan berbeda-beda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Dalam mengumpulkan data, teknik yang digunakan yaitu kuesioner (angket) dan tes. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri I Caracas dengan jumlah sampel 27 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, transformasi, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa gaya belajar siswa berbeda yaitu terdiri dari gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Pelajar visual lebih mendominasi yaitu sebesar 40,7% daripada pelajar auditorial sebesar 25,9% dan pelajar kinestetik 33,3%. Adapun rata-rata hasil belajar yaitu 75,93 dengan nilai tertinggi 85. Secara simultan gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan Fhitung (14,343) > Ftabel (3,028) dengan tingkat signifikansi dibawah 0,05 yaitu sebesar 0,000. Selain itu, gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Pada gaya belajar visual didapat thitung (3,588) > ttabel (1,714), pada gaya belajar auditorial didapat thitung (2,628) > ttabel (1,714) dan pada gaya belajar kinestetik didapat thitung 3,863 > ttabel 1,714. Variabel bebas yang berpengaruh dominan terhadap hasil belajar adalah gaya belajar kinestetik dengan nilai koefisien regresi lebih besar dibandingkan dengan gaya belajar visual dan gaya belajar auditorial, yaitu gaya belajar kinestetik 2,126 lebih besar dibandingkan dengan gaya belajar visual yaitu 1,507 dan gaya belajar auditorial yaitu 1,285. Kata Kunci : Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditorial, Gaya Belajar Kinestetik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:28
Last Modified: 07 Apr 2017 03:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1756

Actions (login required)

View Item View Item