PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN (Penelitian di Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Kota Cirebon )

Dewi Andriani, (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN (Penelitian di Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Kota Cirebon ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DEWI ANDRIANI_OK-min.pdf

Download (640kB) | Preview

Abstract

Dewi Andriani : Penelitian ini dilakukan karena adanya anggapan siswa bahwa matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit sehingga berpengaruh pada perolehan hasil belajar, salah satu faktor penyebabnya adalah keabstrakan objek matematika, pemahaman konsep matematika yang mereka peroleh merupakan sesuatu yang abstrak dan hasil belajar matematika yang diperoleh belum mencapai KKM. Oleh karena itu keabstrakan objek matematika perlu diupayakan agar dapat diwujudkan secara lebih konkret salah satunya yaitu dengan pembelajaran kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika pada materi pecahan di Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Kota Cirebon. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Kel. Jagasatru Kec. Pekalipan Kota Cirebon. Populasi yang digunakan yaitu siswasiswi kelas V Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Kota Cirebon. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian populasi, karena jumlah populasi yang sedikit, sehingga pengambilan sampelnya seluruh jumlah populasi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan datanya dengan cara tes dan angket. Data yang berhasil dikumpulkan selajutnya dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan program SPSS dan Microsoft excel. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai t = 2,132 dengan derajat kebebasan 44-2 = 42, α = 0,05 dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,039 < 0,05. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa kelas V-1 yang belajar menggunakan metode CTL dan kelas V-2 yang menggunakan metode ceramah, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode CTL lebih efektif dalam mengajarkan matematika tentang konsep pecahan dan persen. Dan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa, ini dibuktikan berdasarkan dengan nilai R = 0,830 berada antara 0,800-1,00 yang berarti model pembelajaran CTL sangat berpengaruh terhadap hasil matematika siswa yang pengaruhnya sebesar 69% dan yang sisanya sebesar 31% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil analisis dapat disimpulkan, terdapat pengaruh yang signifikan anatara penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V pada materi pecahan di Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Kota Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:31
Last Modified: 07 Apr 2017 03:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1758

Actions (login required)

View Item View Item