PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE THINK, PAIR, AND SHARE (TPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian di Kelas V SDN I Serangwetan Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2012/2013)

DINI TRIYANI, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE THINK, PAIR, AND SHARE (TPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian di Kelas V SDN I Serangwetan Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2012/2013). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DINI TRIYANI_OK-min.pdf

Download (585kB) | Preview

Abstract

DINI TRIYANI : Matematika diajarkan di sekolah salah satunya bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep Matematika, menjelaskan keterkaitan antara konsep dan mengaplikasikannya, secara luwes, dan memiliki sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah. Akan tetapi anggapan negatif tentang Matematika masih sering kita jumpai pada siswa. Hal ini akan berakibat menurunya motivasi belajar siswa sehingga dapat memepngaruhi menurunya prestasi belajar siswa sehingga banyak siswa yang mendapat nilai tidak memuaskan. Namun ini semua dapat diatasi dengan menerapkan inovasi strategi pembelajaran yang mampu memberikan suasana baru dalam belajar mengajar. Salah satunya penggunaan strategi active lerning tipe Think, Pair, And Share (TPS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunaan strategi active lerning tipe Think, Pair, And Share (TPS), pengaruh penggunaan strategi acvtive learning tipe think, pair and share (TPS) terhadap prestasi belajar Matematika siswa, prestasi belajar siswa dengan menggunakan acvtive learning tipe think, pair and share (TPS). Penggunaan strategi active learning tipe think, pair and share (TPS) merupakan salah satu inovasi pembelajaran. Strategi ini dapat menjadikan siswa untuk menjadi percaya diri dan aktif sehingga akan meningkatkan motivasi belajar dan mempengaruhi prestasi belajar Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas SDN I Serangwetan sebanyak 185 siswa, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster Sampling (area sampling) teknik ini merupakan bentuk sampling random yang populasinya dibagi menjadi beberapa kelompok dengan menggunakan aturan-aturan tertentu. Dengan desain Pre-Test Post-Tes One Group Desain.Variabael dalam penelitian ini adalah strategi active learning tipe think, pair and share (TPS), dan Prestasi belajar. Untuk pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan analisis deskriftif dan uji t dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, linearitas dan diperoleh data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis, didapat bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan stratgei active tipe Think, Pair, and Share dapat menjadikan siswa lebih percaya diri, aktif.. Dan untuk hasil pretest-posttes prestasi belajar siswa mengalami peningkatan rata-rata sebesar 46,36% dengan nilai rata-rata 76,4. Dan berdasarkan uji hipotesis diperoleh data nilai thitung ≥ ttabel atau 3,970 ≥ 1,692 dengan signifikan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, artinya koefisien regresi signifikan atau dengan kata lain Strategi Active TPS berpengaruh terhadap Prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:46
Last Modified: 07 Apr 2017 03:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1767

Actions (login required)

View Item View Item