UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS VI SDN HAURGEULIS KECAMATAN BANTARUJEG KABUPATEN MAJALENGKA

DONA PRAMUNIA, (2013) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS VI SDN HAURGEULIS KECAMATAN BANTARUJEG KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DONA PRAMUNIA_58471297_OK-min.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

DONA PRAMUNIA: Prestasi siswa dalam pembelajaran matematika materi pengolahan data di Kelas VI SDN Haurgeulis masih rendah. Hal ini disebabakan dalam pembelajaran matematika belum menggunakan metode discovery. Dengan diterapkannya metode discovery aktivitas siswa dalam belajar akan baik sehingga diharapkan prestasi siswa dalam pembelajaran matematika dapat meningkat.Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode discovery dalam pembelajaran matematika materi pengolahan data di Kelas VI SDN Haurgeulis. dan bagaimana prestasi belajar matematika dengan diterapkannya metode discovery. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui penerapan metode discovery dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi pengolahan data di Kelas VI SDN Haurgeulis Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka. Penerapan metode discovery pada pelajaran matematika diyakini bisa meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Dalam pembelajaran ini siswa melakukan kegiatan belajar dengan cara menemukan sendiri pemecahan masalah matematika pada materi pengolahan data. Dengan penerapan model pembelajaran discovery yang baik dan benar, prestasi belajar matematika siswa kelas VI di SDN Haurgeulis dapat meningkat. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran dengan frekuensi 3 pertemuan pada tiap siklus. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik. Dari data hasil penelitian yang telah diolah dan dianalisis diperoleh keterangan, 1) Penerapan metode discovery dalam pembelajaran matematika materi pengolahan sebagai upaya guru dalam meningkatkan pretasi belajar siswa telah dilakukan dengan baik, terbukti dengan meningkatnya aktivitas siswa dalam belajar yaitu sudah 85 % siswa terlibat aktif dalam belajar atau pada umumnya siswa sudah aktif dalam belajarnya. 2) Prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi pengolahan data dengan diterapkannya metode discovery di Kelas VI SDN Haurgeulis telah mengalami peningkatan. Terbukti diperoleh data dari hasil pembelajaran siklus I siswa yang mendapat nilai 70 ke atas (KKM) = 17 orang atau 73,9 %. Sedangkan dari hasil pembelajaran siklus II siswa yang mendapat nilai 70 (KKM) = 21 orang atau 91,3 %. Data tersebut menunjukan bahwa hasil belajar dalam bahan ajar tersebut dapat dinyatakan sudah tuntas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:49
Last Modified: 07 Apr 2017 03:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1769

Actions (login required)

View Item View Item