Pengaruh Tenaga Kerja dan Bahan Baku Terhadap Peningkatan Hasil Produksi Pada Indrustri Tempe (Studi Kasus di Desa Bojongsari Kabupaten Indramayu)

Irma Amalia Novitri, (2015) Pengaruh Tenaga Kerja dan Bahan Baku Terhadap Peningkatan Hasil Produksi Pada Indrustri Tempe (Studi Kasus di Desa Bojongsari Kabupaten Indramayu). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IRMA AMALIA NOVITRI (WM BLM).pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

IRMA AMALIA NOVITRI. 14112220177. Pengaruh Tenaga Kerja dan Bahan Baku Terhadap Peningkatan Hasil Produksi Pada Industri Tempe (StudiKasus di DesaBojongsari KabupatenIndramayu) 2015. Skripsi. Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Sektor industri kecil merupakan salah satu bentuk strategi alternatif untuk mendukung perkembangan perekonomian dalam pembangunan jangka panjang di Indonesia khususnya di Kota Indramayu. Agar industri kecil dapat berkembang, maka hendaknya dilakukan kerja sama antar industri kecil, menengah dan besar. Penelitian ini dilakukan di Desa Bojongsari Kota Indramayu. Hal yang akan diteliti adalah seberapa besar pengaruh tenaga kerja, bahan baku, tenaga kerja dan bahan baku terhadap peningkatan hasil produksi industri tempe Bojongsari – Indramayu. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik analisa regresi berganda dan menggunakan data primer dan sekunder yang di data dari hasil survey. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner dengan teknik purposive sampling. Kemudian dilakukan metode yang meliputi uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji t dan uji F, analisis koefisien determinasi (R2), untuk menganalis data menggunakan software SPSS versi. 17. Hasil analisis yang diperoleh dari hasil penelitian menyebutkan bahwa tenaga kerja dan bahan baku mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil produski pada Industri Kecil Tempe Bojong. Dan dari hasil penelitian menunjukan bahwa variabel jumlah tenaga kerja mempunyai pengaruh yang dominan terhadap hasil produksi pada Industri Kecil Tempe di Kota Indramayu. Diketahui bahwa nilai determinasi sebesar (6,8%) hal ini menunjukan bahwa tenaga kerja dan bahan baku memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil produksi sebesar (6,8%). Melalui persamaan regresi Y= 10,762 + 0,234X1 + 0,082X2 sedangkan sisanya yaitu (93,2%) dipengaruhi oleh faktor lain.Sehingga hipotesis yang diajukan yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara tenaga kerja dan bahan baku terhadap hasil produksi. Kata Kunci : Tenaga Kerja, bahan Baku, hasil Produksi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Jan 2017 02:23
Last Modified: 12 Jun 2017 04:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/177

Actions (login required)

View Item View Item