PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA POKOK BAHASAN SUMBER ENERGI DI KELAS II MI PUI MEKARJATI KECAMATAN HAURGEULIS KABUPATEN INDRAMAYU

Fatmawati, (2013) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA POKOK BAHASAN SUMBER ENERGI DI KELAS II MI PUI MEKARJATI KECAMATAN HAURGEULIS KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FATMAWATI_OK-min.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

Fatmawati : Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran IPA di SD/MI menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sejalan dengan judul tersebut di atas, yaitu: (1) Bagaimanakah penerapan metode demonstrasi di kelas II MI PUI Mekarjati pada pembelajaran IPA pokok bahasan sumber energi?; (2) Bagaimanakah respon siswa kelas II MI PUI Mekarjati terhadap penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA pokok bahasan sumber energi?; dan (3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA siswa Kelas II MI PUI Mekarjati pada pokok bahasan sumber energi setelah diterapkannya metode demonstrasi? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi di kelas II MI PUI Mekarjati pada pembelajaran IPA pokok bahasan sumber energi; (2) mendeskripsikan respon siswa kelas II MI PUI Mekarjati terhadap penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA pokok bahasan sumber energi; dan (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa Kelas II MI PUI Mekarjati pada pokok bahasan sumber energi setelah diterapkannya metode demonstrasi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data-data yang terkait dengan penelitian menggunakan teknik tes dan observasi, dan analisis data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil-hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA, pada siklus I nilainya mencapai 62,5 dengan kategori sedang, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,5 dengan kategori sangat baik; (2) respon siswa terhadap penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA, pada siklus I nilainya mencapai 67,5 dengan kategori sedang dan, pada siklus II meningkat menjadi 85 dengan kategori sangat baik; dan (3) Hasil belajar siswa setelah penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA, pada pra siklus nilainya mencapai 72 dengan kategori baika dan ketuntasan belajar klasikal sebesara 65%, pada siklus I meningkat menjadi 77 dengan kategori baik dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 72%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 83 dengan kategori sangat baik dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 90%. Berdasarkan hasil-hasil penelitian, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA pokok bahasan sumber energi sangat efektif dan dapat menigkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:55
Last Modified: 07 Apr 2017 03:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1773

Actions (login required)

View Item View Item