PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK KERANGKA DAN PANCA INDERA MELALUI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHER (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV MI Sindangsari Purwadadi)

Heryati, (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK KERANGKA DAN PANCA INDERA MELALUI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHER (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV MI Sindangsari Purwadadi). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
HERYATI_OK-min.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Heryati : Model pembelajaran merupakan suatu perencanaan pembelajaran secara konseptual yang dirancang sistematis demi pencapaian tujuan belajar dan berfungsi sebagai pedoman bagi pelaksanaan pembelajaran. Pada kenyataannya, model pembelajaran yang terlaksana di sekolah belum mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Padahal saat ini berbagai model pembelajaran telah dikembangkan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model yang sedang dikembangkan adalah model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together. Tipe ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membagikan ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Model pembelajran kooperatif memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan model pembelajaran yang telah dilksanakan oleh guru, sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif ( Cooperatif Laerning ) Teknik Numbered Heads Together dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi kerangka dan panca indera di kelas IV MI Sindangsari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan objek penelitian siswa kelas IV MI Sindangsari. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Numbered Heads Together di MI Sindangsari berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran NHT ( Numbered Heads Together ) mengalami perubahan yang berarti, yaitu masing-masing 74,06% dan 92,02%. Ternyata dalam pembelajaran kemampuan guru sangat mempengaruhi dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Pengamatan pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan model ini ternyata bila diterapkan pada proses pembelajaran mata pelajaran IPA dapat membuat siswa lebih semangat terhadap proses pembelajaran. Tidak dapat dipungkiri bahwa prestasi belajar siswa ternyata dipengaruhi kemampuan guru.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 04:00
Last Modified: 07 Apr 2017 04:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1776

Actions (login required)

View Item View Item