Strategis Bisnis Budidaya Ikan Lele Perspektif Etika Bisnis Islam ( Studi Kasus di Kelompok Budidaya Ikan Lele Kersa Mulya Bakti Kec. Kapetakan Kab. Cirebon )

Iyah Sukriyah, (2015) Strategis Bisnis Budidaya Ikan Lele Perspektif Etika Bisnis Islam ( Studi Kasus di Kelompok Budidaya Ikan Lele Kersa Mulya Bakti Kec. Kapetakan Kab. Cirebon ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IYAH SUKRIYAH MEPI 2015 (WM BLM).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

IYAH SUKRIYAH. 14112210064. Strategi Bisnis Budidaya Ikan Lele Perspektif Etika Bisnis Islami (Studi Kasus di Kelompok Budidaya Ikan Lele Kersa Mulya Bakti Kec. Kapetakan Kab. Cirebon) Kondisi bisnis dewasa ini penuh dengan tantangan dan persaingan, hal demikian mendorong para pelaku usaha untuk menciptakan strategi yang mampu memupuk keunggulan kompetitif melalui upaya-upaya yang kreatif, inovatif, serta efektif dan efisien, sehingga menjadi pilihan dari banyak konsumen yang pada akhirnya diharapkan dapat memenangkan persaingan. Dalam melakukan upaya-upaya tersebut, Politik, ekonomi, bisnis dan berbagai aspek lainnya yang kita alami dan kita lihat di sekeliling kita adalah politik, ekonomi dan bisnis yang tidak di barengi dengan etika atau disebut non value laden. Selama ini banyak orang memahami bisnis adalah bisnis, yang tujuan utamanya memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya, sehingga tidak jarang para pelaku bisnis menghalalkan segala cara untuk meraih keuntungan tanpa memerhatikan etika-etika dalam berbisnis. Kaitannya dengan hal itu, Islam mempunyai aturan dalam berbisnis, yang biasa dikenal dengan istilah Etika Bisnis Islami. Salah-satu pelaku bisnis yang sukses adalah kelompok budidaya ikan lele Kersa Mulya Bakti yang mampu memenangkan persaingan dalam bisnis pembudidayaan, namun dalam kesuksesannya tersebut apakah strategi bisnis Kersa Mulya Bakti sudah sesuai dengan Etika Bisnis Islami. Berdasarkan hal-hal tersebut maka permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi bisnis budidaya ikan lele Kersa Mulya Bakti dilihat dari perspektif etika bisnis Islami dan bagaimana langkah-langkah Kersa Mulya Bakti dalam menyusun prinsip-prinsip strategi bisnisnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana strategi bisnis budidaya ikan lele Kersa Mulya Bakti serta langkah-langkah dalam menyusun prinsip-prinsip strateginya Untuk metode penelitian yang digunakan, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dengan sumber data dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan objek yang di amati, dokumentasi dan sumber tertulis. Setelah data-data terkumpul melalui hasil interview, observasi dan dokumentasi maka selanjutnya penulis menganalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui, strategi bisnis budidaya ikan lele Kersa Mulya Bakti meliputi: pertama, teknik budidayanya yang menggunakan Standar Oprasional Prosedur (SOP) tersendiri. Kedua, teknik pemasaran hasil budidayanya, dan ketiga, keorganisasian yang berprinsip kejujuran, kekeluargaan dan bekerja keras. Adapun langkah-langkah dalam menyusun prinsip-prinsip strategi bisnisnya adalah Pertama, Melakukan Analisa lingkungan. Kedua, Bermusyawarah. Ketiga, Menyamakan kesadaran untuk selalu berbuat jujur dan bekerja keras.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Jan 2017 02:30
Last Modified: 12 Jun 2017 04:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/178

Actions (login required)

View Item View Item