PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SISWA KELAS V MI MIFTAHUL HUDA TERSANA KECAMATAN SUKAGUMIWANG KABUPATEN INDRAMAYU

IDA LAELA, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SISWA KELAS V MI MIFTAHUL HUDA TERSANA KECAMATAN SUKAGUMIWANG KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IDA LAELA_OK.pdf

Download (858kB) | Preview

Abstract

IDA LAELA : Berdasarkan pengamatan dan pengalaman peneliti menjadi guru di MI Miftahul Huda Tersana Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu, keadaan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PKn di kelas V tidak mengalami peningkatan. Sebagian besar hasil belajar mereka masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berangkat dari permasalahan di atas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tindakan kelas tersebut. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Miftahul Huda Tersana Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu khususnya pada mata pelajaran PKn dengan sub bahasan tentang menghargai keputusan bersama. Model pembelajaran merupakan salah satu alternatif yang sesuai dengan mata pelajaran PKn di kelas V dengan sub bahasan menghargai keputusan bersama. Pelaksanaan model pembelajaran tersebut berbentuk diskusi kelompok. Sedangkan kooperatif tipe jigsaw adalah pembelajaran kelompok yang bekerja sama dengan kelompok lainnya dalam beberapa tim diskusi dan ada kelompok lain yang dijadikan sebagai kelompok ahli. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang termasuk penelitian kualitatif karena dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul Huda Tersana Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Subjek penelitian adalah pihak yang terlibat dalam penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 27 anak. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, metode angket, metode observasi dan metode tes. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V mata pelajaran PKn di MI Miftahul Huda Tersana Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai yang diperoleh siswa pada pelaksanaan siklus I dan siklus II. Kata Kunci : Model Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, Prestasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 04:05
Last Modified: 07 Apr 2017 04:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1780

Actions (login required)

View Item View Item