UPAYA GURU DALAM MENINGKATKANMINAT BACA TULIS DALAMKOSA KATA (VOCABULARY) BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA PERMAINAN PUZZLE PADA MATERI ALPHABET AND NUMBER DI KELAS IV MIN KROYA KECAMATAN PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON

KAMIM, (2013) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKANMINAT BACA TULIS DALAMKOSA KATA (VOCABULARY) BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA PERMAINAN PUZZLE PADA MATERI ALPHABET AND NUMBER DI KELAS IV MIN KROYA KECAMATAN PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
KAMIM_58471360_OK.pdf

Download (694kB) | Preview

Abstract

KAMIM : Pemasalahan guru bidang studi bahasa inggris kelas IV di MI Negeri Kroya Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon dalam mengajar tidak menggunakan media alat peraga, metode yang digunakan adalah metode ceramah sehingga anak didik merasa jenuh dan kurang semangat dalam belajar, prestasi belajar cenderung menurun sebanyak 30 dan 26,67 yang prestasi belajarnya meningkat dari jumlah anak. Hal ini berdasarkan hasil pengamatan peneliti di sekolah tersebut. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui data tentang pengajaran guru bidang studi bahasa inggris kelas IV di MI Negeri Kroya Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon, untuk mengetahui data tentang meningkatkan pemahaman konsep melalui media puzzle dengan metode bermain puzzle di MI Negeri Kroya Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon dan untuk mengetahui data observasi tentang pembelajaran menggunakan media puzzle di MI Negeri Kroya Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon. Guru bidang studi sangat penting dalam meningkatkan pemahaman konsep terhadap suatu materi melalui media alat peraga, untuk memberikan yang terbaik anak didiknya dalam pelaksanaan belajar di kelas dan bisa lebih aktif dan kreatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di MI Negeri Kroya Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2012 yang berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik praktikum, tes formatif dan observasi melalui angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik dasar yaitu penghitungan prosentase dan nilai rata-rata. Dari penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru bidang studi bahasa inggris kelas IV dalam pembelajarannya menggunakan media alat peraga puzzle yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca tulis . menurut data yang diperoleh hasil observasi adalah 93,33. Hal ini juga bisa dilihat dari hasil pelaksanaan tes formatif dari kegiatan siklus I, siklus II dan hasil praktikum yang diperoleh oleh siswa sangat memuaskan. Jadi peran guru bidang studi kelas IV sangat penting dalam menerapkan media Puzzle guna untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam pembeajaran di MI Negeri Kroya Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon. .

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 04:16
Last Modified: 07 Apr 2017 04:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1787

Actions (login required)

View Item View Item