PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA (Studi Ekperimen Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Masholeh Kalijaga Kota Cirebon)

KIKI FATMALA DEWI, (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA (Studi Ekperimen Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Masholeh Kalijaga Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
KIKI FATMALA DEWI_OK-min.pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

KIKI FATMALA DEWI : IPA adalah suatu kumpulan pengetahuan tersusun secara sistematik. IPA mempelajari alam semesta, benda-benda yang ada di permukaan bumi, di dalam perut bumi dan di luar angkasa, baik yang dapat diamati indera maupun yang tidak dapat diamati dengan indera. Oleh karena itu wajar jika masih banyak siswa yang merasa kesulitan memahami pelajaran IPA. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut dengan menerapkan model pembelajaran. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe STAD setelah diterapkan pada pembelajaran IPA; (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPAdengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V MI Darul Masholeh Kalijaga Kota Cirebon terhadap prestasi belajar IPA. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa model pembelajaran dalam pembelajaran IPA sangat berperan dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satu model pembelajaran dalam membantu siswa memahami konsep sifat-sifat cahaya sehingga dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan populasi dan sampelnya adalah siswa kelas V MI Darul Masholeh Kalijaga Kota Cirebon sebanyak 16 siswa. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes dari kelas eksperimen. Adapun untuk analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan kelinieran regresi, uji korelasi, uji thitung, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis, Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil penelitian menunjukan bahwa pada umumnya siswa merespon setuju terhadap pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Rata-rata prestasi belajar IPA yaitu 80,12 pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya. Persamaan regresi yang digunakan untuk memprediksi prestasi belajar IPA siswa berdasarkan pembelajaran IPA menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah Y = 51,528+ 0,366 x. Hal ini berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dengan thitung = 2,22 dan ttabel = 2,160, sehingga thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar siswa. Besarnya pengaruh adalah 26,01 % sedangkan sisanya 73,99% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 04:22
Last Modified: 07 Apr 2017 04:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1791

Actions (login required)

View Item View Item