UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MATERI HUKUM BACAAN IDGHOM ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) Hidayatussibyan Srengseng Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu )

MAR’ATUSSOLIKHAH, (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MATERI HUKUM BACAAN IDGHOM ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) Hidayatussibyan Srengseng Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MAR'ATUSSOLIKHAH_OK-min.pdf

Download (594kB) | Preview

Abstract

MAR’ATUSSOLIKHAH : Masalah yang dihadapi siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah dalam pembelajaran Alqur‟an Hadist materi hukum bacaan idghom sangat sulit dicerna oleh siswa dikarenakan siswa kurang paham dalam memahami materi hukum bacaan idghom serta lemahnya guru dalam menggunakan metode pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti tergerak untuk meneliti apa penyebab kurang pahamnya siswa dalam materi hukum bacaan idghom melalui metode resitasi. Tujuan penelitian terdiri dari tiga bagian yakni, pertama untuk mengetahui penerapan metode resitasi dalam pembelajaran Al-qur‟an Hadist di MI. Kedua, meningkatkan aktivitas siswa dalam Al-qur‟an hadist materi hukum bacaan idghom. Ketiga, meningkatkan hasil belajar Al-qur‟an Hadist materi hukum bacaan idghom dengan menggunakan metode resitasi di kelas IV MI Hidayatussibyan Srengseng Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu. Hukum bacaan idghom merupakan salah satu materi dari Al-qur‟an Hadist dan sangat penting untuk di perkenalkan terhadap peserta didik mulai dari sejak dini, karena dalam pembelajaran Al-qur‟an Hadist di arahkan untuk menumbuhkembangkan pengetahuan peserta didik terhadap Al-qur‟an dan Hadist, sehingga memperoleh pengetahuan mengenai keduanya dengan baik dan benar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK ) yang berusaha mengkaji dan merefleksi secara kolaboratif. PTK mempunyai empat komponen dasar yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Hidayatussibyan Srengseng Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu yang brjumlah 27 siswa dengan masa penelitian selama dua bulan terhitung mulai 18 april – 18 juni 2012 dengan alokasi waktu 70 menit ( 2 jam pelajaran ) setiap pertemuan. Penelitian 3 siklus yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hukum bacaan idghom. Istrumen penelitian yang digunakan adalah tes, wawancara, dan observasi. Berdasarkan analisis terhadap hasil tes dan observasi diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kegiatan belajar dan aktivitas siswa sehingga hasil belajar siswa meningkat setiap siklusnya. Pada siklus pertama ketuntasan belajar diperoleh 44,4% , siklus II diperoleh 59,2%, pada siklus III meningkat menjadi 92,5%. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh 56,3%, siklus II 64,6%, dan pada siklus III mencapai 82,9%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I diperoleh 60,37, siklus II menjadi 68,51, dan pada siklus III mencapai 81,11. Dari hasil yang diperoleh, penelitian dengan menggunakan penerapan metode resitasi pada siswa MI Hidayatussibyan Srengseng dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Apr 2017 04:42
Last Modified: 07 Apr 2017 04:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1804

Actions (login required)

View Item View Item