PERSEPSI GURU TERHADAP SUPERVISI OLEH KEPALA SEKOLAH DAN KETERKAITANNYA DENGAN PENINGKATAN KINERJA GURU DI SMPN 2 KLANGENAN CIREBON

Siti Khodijah, (2013) PERSEPSI GURU TERHADAP SUPERVISI OLEH KEPALA SEKOLAH DAN KETERKAITANNYA DENGAN PENINGKATAN KINERJA GURU DI SMPN 2 KLANGENAN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI KHODIJAH_14106110064_ok-min.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

Siti Khodijah: Supervisi merupakan salah satu upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas dan kinerja guru terutama dalam proses pembelajaran. Persepsi merupakan tanggapan seseorang tentang sesuatu hal. Sedangkan supervisi adalah suatu bantuan dalam pengembangan peningkatan situasi belajar-mengajar yang lebih baik. Kinerja guru adalah kemampuan yang ditunjukan oleh guru dalam melaksanakan tugasnya. Kinerja dikatakan baik dan memuaskan apabila tujuan yang dicapai sesuai dengan harapannya. Rumusan masalah penelitian iniadalah:1). Apa yang dimaksuddengansupervisi oleh kepala Sekolah di SMPN 2 Klangenan Kabupaten Cirebon.2).Bagaimana kepala sekolah melaksanakan supervisi terhadap Guru di SMPN 2 Klangenan.3).Bagaimana upayakepalasekolahdalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 2 Klangenan.4). Bagaimana persepsi guru terhadap supervisi oleh kepala sekolah dan keterkaitannya dengan peningkatkan kinerja guru. Penelitian inibertujuan untuk: 1). Menjelaskan maksudsupervisi oleh Kepala Sekolah di SMPN 2 Klangenan. 2). Menjelaskan Kepala Sekolah melaksanakan supervisi terhadap guru di SMPN 2 Klangenan. 3). Menjelaskan upayakepalasekolahdalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 2 Klangenan. 4). Menjelaskan persepsi guru terhadap supervisi oleh Kepala Sekolah dan keterkaitannya dengan peningkatkan kinerja guru. Penelitian ini, dilakukan dengan cara peneliti terjun langsung kelapangan dengan mengadakan wawancara, observasi, dokumentasi, studi pustaka. Sedangkan teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1). Supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah di SMPN 2 Klangenan maksudnya adalahsupervisi yang merupakan salah satu bagian tugas kepala sekolah dan pengawas yaitu kegiatan yang diprogram bersama guru, dan guru serta tenaga kependidikan lain yang ada di sekolah sebagai fihak yang disupervisi.2. Tujuansupervisi yang dilakukanolehkepala sekolah adalah: a. Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap kinerja guru. b. Menyadarkan para guru akan pentingnya kinerja yang efektif. c. Memberikan pembinaan profesional. d. Memberikan motivasi kepada guru-guru. e. Menciptakan suasana yang kondusif. f. Meningkatkan mutu lulusan.3. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dilakukan dengan cara: a. Melakukan pelatihan administrasi. b. Meningkatkan kedisiplinan guru. c. Workshop dan pelatihan professional. d. Seminar Lokal, Nasional dan Internasional. e. Studi Lanjut ke Jenjang Pendidikan yang Lebih Tinggi (S.2 dan S.3). 4. Persepsi guru terhadap supervisi kepala sekolah dan keterkaitannya dengan peningkatan kinerja guru pada dasarnya dapat dikatakan sudah baik, karena guru setuju dengan adanya supervisi dan kepala sekolah telah melakukan prosedur xiv

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis Enterpreneurship
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Apr 2017 06:33
Last Modified: 12 Jun 2017 03:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1819

Actions (login required)

View Item View Item