Koperasi Perikanan Laut “Mina Sumitra” dalam Pemerdayaan Nelayan Kecil Desa Karangsong Kecamatan Indramayu Kab. Indramayu

Siti Maemunah, (2015) Koperasi Perikanan Laut “Mina Sumitra” dalam Pemerdayaan Nelayan Kecil Desa Karangsong Kecamatan Indramayu Kab. Indramayu. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MAEMUNAH MEPI (WM BLM).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Siti Maemunah. NIM. 14112210141: Koperasi Perikanan Laut “Mina Sumitra” Dalam Pemberdayaan Nelayan Kecil Desa Karangsong Kec. Indramayu Kab. Indramayu. Skripsi 2015. Pengentasan kemiskinan nelayan kecil dapat dilakukan dengan pemberdayaan oleh Koperasi Perikanan. Untuk itu dikembangkan Koperasi Perikanan Laut yang bertujuan untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya serta masyarakat pada umumnya serta ikut membangun perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Pemberdayaan nelayan kecil dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan pengadaan alat tangkap kepada nelayan serta dilakukan pola-pola usaha perikanan yang mampu meningkatkan pendapatan nelayan. Salah satu contoh Koperasi Perikanan Laut Mina Sumitra desa Karangsong kec. Indramayu kab. Indramayu. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu mengenai bagaimana strategi pemberdayaan nelayan kecil pada KPL Mina Sumitra, dan dampak terhadap kesejahteraan nelayan kecil. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemberdayaan nelayan kecil desa Karangsong. Untuk mengetahui dampak pemberdayaan terhadap kesejahteraan nelayan kecil. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan trianggulasi (gabungan) melalui observasi partisipasi pasif dan melakukan wawancara mendalam dengan nelayan, kepala desa Karangsong dan pihak koperasi serta mengumpulkan dokumentasi berupa gambar-gambar atau catatan kecil. Dimana peneliti sebagai instrumen kunci, dan analisis data bersifat induktif. Melalui studi kepustakaan dan wawancara penulis mendapatkan data-data penelitian. Diketahui bahwa ternyata Koperasi Perikanan Laut Mina Sumitra dalam memberdayakan masyarakat nelayan kecil desa Karangsong melalui program pemberdayaan yang telah dilaksanakan memiliki indikasi untuk berperan dalam memajukan kesejahteraan anggota. Kata Kunci : Koperasi Perikanan Laut, Nelayan Kecil, Pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Jan 2017 02:51
Last Modified: 12 Jun 2017 05:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/182

Actions (login required)

View Item View Item