KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT SISWA DI SMP HUHAMMADIYAH SLAWI KABUPATEN TEGAL

ALI NADZIRIN, (2013) KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT SISWA DI SMP HUHAMMADIYAH SLAWI KABUPATEN TEGAL. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ALI NADZIRIN_505930043_ok-min.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

ALI NADZIRIN: Banyaknya guru agama yang kurang memiliki kompetensi mengajar, sehingga sarana yang telah tersedia kurang bisa dimanfaatkan secara maksimal, sehingga pembelajaran berkembang, siswa kurang berminat dalam belajar, yang disebabkan karena kurangnya kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran, tentunya hal tersebut sangat menarik untuk diteliti Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mendiskripsikan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. (2) Mendiskripsikan pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (3) Untuk memformulasikan factor-faktor apa yang mempengaruh minat siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (4) Untuk mendiskripsikan seberapa besar hubungan antara kompetensi guru, Pengelolaan pembelajaran dan minat belajar siswa di SMP Muhammadiyah Slawi Kabupaten Tegal. Untuk oprasional pembuktiannya, akan bertolak dari pengujianhipotesis alternative dan hipotesis nol yaitu: 1. Hubungan antara kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dan pengelolaan pembelajaran denganminat siswa mengikuti pembelajaran. 2. Tidak Ada pengaruh kompetensi guru PAI dan pengelolaan pembelajaran terhadap Minat belajar siswa di SMP Muhammadiyah Slawi Kabupaten Tegal dalam mengikuti pembelajaran: Ha : rxy ≠0 atau H0 : rxy =0 Penelitian ini menggunakan metode survey dengan tehnik korelasional. Subyek penelitian adalah siswa SMP Muhammadiyah Slawi Kabupaten Tegal sebanyak 200 orang, menggunakan tehnik acak sederhana (simple random smapling), sedang pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner. Analisis datanya menggunakan analisis statistic deskriptif serta analisis kuantitatif dengan rumus analisis korelasi product momen. Hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan, menunjukan bahwa: Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi guru dan pengelolaan pembelajaran dengan minat belajar siswa, ditunjukan bahwa: r0 > rtabel, yang berarti ada koreasi atau hubungan yang positif antara variable kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dan pengelolaan pembelajaran dengan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Apr 2017 06:58
Last Modified: 07 Jun 2017 04:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1826

Actions (login required)

View Item View Item