Pengaruh Penerbitan Saham Syariah dan Obligasi Syariah terhadap Jumlah Investasi pada Pasar Keuangan Syariah di Indonesia

Maharani Ayucandra Winarni, (2015) Pengaruh Penerbitan Saham Syariah dan Obligasi Syariah terhadap Jumlah Investasi pada Pasar Keuangan Syariah di Indonesia. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Skripsi Maharani Ayucandra (WM BLM).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maharani Ayucandra Winarni: 14112210088 “ Pengaruh Penerbitan Saham Syari’ah dan Obligasi Syari’ah terhadap Jumlah Investasi pada Pasar Keuangan Syari’ah Indonesia”. Investasi sebagai salah satu tolak ukur perkembangan ekonomi suatu Negara, termasuk ke dalam persoalan muamalah duniawiyah, dalam upaya memenuhi kebutuhan suatu negara dalam mensejahterakan rakyatnya. Dalam Penelitian ini Jumlah Investasi dalam bentuk Surat Berharga cenderung lebih rendah apabila dilihat dari segi jumlah persen pertahunnya. Penelitian mengenai Investasi biasanya hanya mengangkat satu variabel saja seperti mengambil pengaruh investasi dengan saham syari’ah atau obligasi syari’ah saja yang digunakan, sehingga disini peneliti tertarik untuk menyatukan atau mengkombinasikan faktor yang mempengaruhi Investasi pada Pasar Keuangan Syari’ah dengan mengkaitkan Saham dan Obligasi Syari’ah sebagai variabel komoditi yang terpenting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh saham syari’ah dan obligasi syari’ah terhadap jumlah investasi pada Pasar Keuangan Syari’ah Indonesia periode tahun 2011-2014. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data time series dari tahun 2011-2014 dan menggunakan analisis regresi linier dengan metode Ordinary Least Square (OLS). Pengujian secara parsial menggunakan uji t- statistik dan pengujian secara serempak menggunakan uji F-statistik. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik, dimana semua pengujian tersebut menggunakan alat bantu program Eviews 8.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa saham syari’ah dan obligasi syari’ah berpengaruh signifikan terhadap jumlah investasi pada Pasar Keuangan Syari’ah Indonesia. hasil uji autokorelasi dengan metode LM menunjukkan nilai χ2-hitung sebesar 44.39370 dengan nilai koefisien determinasi 0.924869, sedangkan nilai kritis χ2-tabel dengan df = 43, α = 5 % adalah sebesar 59.30. Karena nilai χ2- hitung < nilai χ2-tabel (44.39370 < 59.30), hal ini berarti tidak ditemukan adanya masalah autokorelasi, atau model empiris yang digunakan dalam penelitian ini terbebas dari masalah autokorelasi. Hasil dari uji F, bahwa F hitung = 685.0819 > Ftabel = 2.82, Sehingga hasil uji-F menyatakan bahwa variabel Saham Syari’ah (X1), dan Obligasi Syari’ah (X2) secara bersama-sama berpengaruh secara nyata dan signifikan terhadap jumlah Investasi pada Pasar Keuangan Syari’ah Indonesia. Kata Kunci: Saham Syari’ah, Obligasi Syari’ah dan Jumlah Investasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Jan 2017 03:09
Last Modified: 12 Jun 2017 04:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item