PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SISWA TERHADAP PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi Kasus di SMP Negeri 8 Kota Cirebon)

PRIMA ALEXANDRA MUHAJIR, (2013) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SISWA TERHADAP PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi Kasus di SMP Negeri 8 Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
PRIMA ALEXANDRA MUHAJIR_OK-min.pdf

Download (800kB) | Preview

Abstract

PRIMA ALEXANDRA MUHAJIR: Masalah penelitian ini adalah: 1. Adakah upaya-upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kepedulian siswa terhadap pelestarian lingkungan di SMPN 8 Kota Cirebon? 2. Bagaimana gambaran proses pembelajaran PAI dan kegiatan-kegiatan keagamaan yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan di SMPN 8 Kota Cirebon?3. Apa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kepedulian siswa terhadap pelestarian lingkungan di SMPN 8 Kota Cirebon? Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui adakah upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan kepedulian siswa terhadap pelestarian lingkungan di SMPN 8 Kota Cirebon. 2. Untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang proses pembelajaran PAI dan kegiatan-kegiatan keagamaan yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan di SMPN 8 Kota Cirebon. 3. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kepedulian siswa terhadap pelestarian lingkungan di SMPN 8 Kota Cirebon. Upaya GPAI dalam menanamkan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan kepada peserta didik sejak usia remaja melalui proses pembelajaran dan kegiatan-kegiatan keislaman adalah hal penting yang mesti dilakukan sesuai mandat yang telah diberikan Allah SWT kepada manusia sebagai khalifah dimuka bumi ini, mengingat global warming dan dampak kerusakan lingkungan yang saat ini sudah semakin parah Penelitian ini menggunakan metode Penelitian kualitatif. Metode Kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau prilaku yang dapat diamati. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif analisis yang merupakan proses pengambilan sebuah penelitian. Kesimpulan penelitian ini adalah : 1.Upaya GPAI dalam meningkatkan kepedulian siswa terhadap pelestarian lingkungan di SMPN 8 Kota Cirebon diantaranya : pertama, Peran GPAI dalam memasukan materi-materi pelestarian lingkungan kedalam kurikulum PAI masih kurang. Kedua, Peran GPAI dalam proses pembelajaran PAI tidak banyak mengajarkan ayatayat atau hadis-hadis yang berkaitan dengan lingkungan. Ketiga, GPAI tidak berperan aktif dalam mensosialisasikan slogan-slogan islami kepada peserta didik baik dari ayat-ayat atau hadis-hadis tentang lingkungan. Keempat, GPAI tidak berperan aktif dalam mensosialisasikan program-program kegiatan keagamaan yang bernuansa lingkungan.2.Faktor-faktor Pendukung dan penghambat upaya guru PAI dalam meningkatkan kepedulian siswa terhadap pelestarian lingkungan di SMPN 8 Kota Cirebon . Faktor-faktor Pendukung : memiliki visi, misi, dan strategi yang jelas terkait lingkungan , arah Kebijakan pimpinan yang komitmen terhadap lingkungan , memiliki desain program lingkungan yang jelas, Berbagai predikat lingkungan yang telah diraih, Kondisi lingkungan yang hijau dan asri, sarana-prasarana yang lengkap dan tertata. faktor-faktor Penghambat : Perspektif yang sempit dari GPAI tentang materi akhlaq dan fikih sehingga tidak memperluas bahasan kearah pelestarian alam dan lingkungan sekitar, Musyawarah Guru PAI disekolah tidak berjalan dengan baik, Kurangnya bacaan atau literature yang berkaitan tentang islam (fikih) dengan pelestarian lingkungan, Alokasi waktu yang sedikit, sehingga dalam satu minggu hanya 1x pertemuan (2 jam pelajaran) , Kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilaksanakan masih bersifat parsial, Latar belakang keluarga dari peserta didik , tidak adanya slogan-slogan yang berisi tentang ayatayat alqur’an atau hadis nabi yang berkaitan dengan kebersihan dan pelestarian lingkungan, Prilaku/kebiasaan sehari-hari yang jelek peserta didik dirumah, Tidak adanya sanksi yang tegas bagi yang membuang sampah sembarangan disekolah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis Enterpreneurship
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Apr 2017 07:15
Last Modified: 12 Jun 2017 02:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1835

Actions (login required)

View Item View Item