PERAN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA (STUDI KOMPARATIF DI SDIT HARAPAN UMAT BREBES DAN SDIT NURUL HIDAYAH BREBES)

Shokhibul Arifin, (2013) PERAN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA (STUDI KOMPARATIF DI SDIT HARAPAN UMAT BREBES DAN SDIT NURUL HIDAYAH BREBES). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SHOKHIBUL ARIFIN_OK-min.pdf

Download (618kB) | Preview

Abstract

Shokhibul Arifin: Pendidikan Agama Islam sangat erat kaitannya dengan pendidikan akhlak, di dalamnya berisi tentang nilai – nilai keagamaan yang mestinya untuk diaplikasikan, jadi jika pendidikan agama Islam bersifat teoritikal saja dan hanya sekedar transfer pengetahuan maka hasil yang didapat kurang maksimal. Perkembangan pendidikan agama telah diikuti dengan bermunculan model sekolah inovasi dengan mengusung slogan Sekolah Islam Terpadu. Penelitian ini mengkaji tentang (1) Proses pendidikan akhlak di SDIT Harapan Umat Brebes dan SDIT Nurul Hidayah Brebes. (2) Hasil dari proses pendidikan akhlak dalam membentuk perilaku keagamaan siswa di SDIT Harapan Umat Brebes dan SDIT Nurul Hidayah Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi berperan serta, dan Studi dokumentasi. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa. Teknik analisa data meliputi reduksi data, display data, dan verfikasi data. Pengecekan keabsahan data meliputi triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Di SDIT Harapan Umat pendidikan akhlak dilakukan dengan melaksanakan sistem pembinaan peserta didik, menerapkan budaya sekolah, kerjasama antara orang tua dan guru, dan mengimplementasikan kegiatan pendidikan akhlak yaitu ; wudhu dengan tertib dan teratur, shalat dhuha, shalat dhuhur, shalat jum’at berjamaah, dzikir dan do’a sebelum dan sesudah shalat, hafalan al-qur’an, hadits dan do’a harian, peringatan hari besar Islam, Malam bina iman dan takwa (mabit), keteladanan dan pembiasaan, busana Islami dan kegiatan jum’at bersih. Sedangkan di SDIT Nurul Hidayah dilakukan dengan dukungan dan kebijakan kepala sekolah, menjalin kerjasama dengan orangtua, menerapkan tata tertib dan peraturan sekolah, dan mengimplementasikan kegiatan pendidikan akhlak yang meliputi Hafalan al-Qur’an, hadits, dan do’a harian, wudhu dengan tertib dan teratur, shalat dhuha. shalat dhuhur, shalat ashar, dan shalat jum’at berjama’ah, dzikir sebelum dan setelah shalat, Peringatan hari besar Islam, Malam bina iman dan takwa (mabit), Busana Islami (menutup aurat), Keteladanan dan pembiasaan, Jum’at bersih dan kegiatan “LISA” (lihat sampah ambil). (2) Hasil pendidikan akhlak di SDIT Harapan Umat yaitu meningkatnya keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt, hormat kepada teman, guru dan orang tua, meningkatnya kedisiplinan dan tumbuhnya kesadaran beribadah, dan tumbuhnya kejujuran, berpakaian Islami dan menjaga kebersihan. Sedangkan di SDIT Nurul Hidayah yaitu meningkatnya keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt. menghormati guru, teman dan orang tua, meningkatnya kedisiplinan dan kesadaran beribadah, tumbuhnya sikap jujur, berpakaian Islami dan peduli terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Apr 2017 07:19
Last Modified: 12 Jun 2017 03:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1837

Actions (login required)

View Item View Item