UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM) SISWA DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA PADA SISWA KELAS V SDN 3 KERANDON KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON

Mimhatul Mapla, (2013) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM) SISWA DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA PADA SISWA KELAS V SDN 3 KERANDON KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MIFHATUL MAPLA_58471366_OK.pdf

Download (786kB) | Preview

Abstract

Mimhatul Mapla : Penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 3 Kerandon Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Penulis berpedoman pada landasan teori yang disampaikan oleh Indrawati dalam buku Didi Sutardi (2007:95) model pembelajaran CTL diartikan sebagai suatu rencana mengajar yang memperlihatkan pola pembelajaran tertentu. Dalam pola tersebut dapat terlihat kegiatan guru-siswa, sumber belajar yang digunakan dalam mewujudkan kondisi belajar atau sistem lingkungan yang menyebabkan terjadinya belajar pada siswa. Penulis juga menggunakan landasan teori model spiral Kemmis dan Mc. Taggart untuk melakukan tahapan dalam penelitian tindakan kelas yang terdiri dari siklus I, II, dan III. Metode yang digunakan penulis adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), artinya penelitian yang dilakukan di dalam kelas dan berfokus pada siswa. Dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Setelah melakukan penelitian tindakan kelas dapat diperoleh data sebagai berikut pada siklus I (58.33%) siklus II (79.16%) siklus III (91.66%). Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I hingga III. Sehingga hasil belajar siswa meningkat dalam pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah : Pembelajaran dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa, kemampuan guru dalam penerapan pembelajaran mengalami peningkatan dan siswa sangat senang dengan menggunakan pendekatan CTL. Jadi peran guru bidang studi kelas V sangat penting dalam menerapkan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan pemahaman belajar mengajar di SDN 3 Kerandon Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 02:51
Last Modified: 10 Apr 2017 02:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1854

Actions (login required)

View Item View Item