UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM PADA PELAJARAN IPS KELAS IV DI MI MIFTAHUL HUDA TERSANA KECAMATAN SUKAGUMIWANG KABUPATEN INDRAMAYU

NAPISATUN, (2013) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM PADA PELAJARAN IPS KELAS IV DI MI MIFTAHUL HUDA TERSANA KECAMATAN SUKAGUMIWANG KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NAPISATUN_OK.pdf

Download (858kB) | Preview

Abstract

NAPISATUN : Berdasarkan pengamatan dan pengalaman peneliti menjadi guru di MI Miftahul Huda Tersana Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu, keadaan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS di kelas IV tidak mengalami peningkatan. Sebagian besar hasil belajar mereka masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berangkat dari permasalahan di atas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tindakan kelas tersebut. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul Huda Tersana Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu khususnya pada mata pelajaran IPS dengan sub bahasan kegiatan ekonomi di bidang pangan dan pertanian yang dikaitan dalam kehidupan sehari-hari. Strategi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PAIKEM merupakan salah satu alternatif yang sesuai dengan materi pelajaran IPS di kelas IV dengan sub bahasan kegiatan ekonomi di bidang pangan dan pertanian. Pelaksanaan model pembelajaran tersebut berbentuk diskusi kelompok dan kegiatan observasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang termasuk penelitian kualitatif karena dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul Huda Tersana Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Subjek penelitian adalah pihak yang terlibat dalam penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 24 anak. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, metode angket, metode observasi dan metode tes. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS di MI Miftahul Huda Tersana Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai yang diperoleh siswa pada pelaksanaan siklus I dan siklus II. Kata Kunci : Model Pembelajaran PAIKEM, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:03
Last Modified: 10 Apr 2017 03:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1857

Actions (login required)

View Item View Item