PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PERISTIWA ALAM BESERTA DAMPAKNYA (Studi eksperimen dikelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Padamatang)

NURHADIYANSYAH, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PERISTIWA ALAM BESERTA DAMPAKNYA (Studi eksperimen dikelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Padamatang). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NURHADIYANSYAH_OK-min.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

NURHADIYANSYAH : Proses pembelajaran pada hakekatnya adalah untuk mengembangkan aktivitas dan kreativitas peserta didik, melalui berbagai interaksi dan berbagai pengalaman belajar. Dalam hal ini guru hendaknya menerapkan strategi atau model pembelajaran yang inovatif. Namun dalam pelaksanaannya masih banyak kegiatan pembelajaran yang hanya berkutat pada memberi dan menerima informasi , dimana guru masih menggunakan strategi atau model pembelajaran yang cenderung monoton. Dengan pembelajaran yang demikian dirasa akan sangat membosankan bagi siswa, sehingga motivasi belajar akan semakin rendah dan pencapaian hasil belajar pun rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kreatif -produktif pada pokok bahasan peristiwa alam beserta dampaknya. Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen da n kelas kontrol pada pokok bahasan peristiwa alam beserta dampaknya . Serta untuk mengetahui respon siswa berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran kreatif -produktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan peristiwa alam beserta dampaknya di MIN Padamatang. Model Pembelajaran Kreatif-Produktif (MPKP) adalah model pembelajaran yang proses pembelajarannya berpusat pada siswa ( student centre). Pembelajaran ini berpijak kepada teori konstruktivistik dimana belajar adalah usaha pemberian ma kna oleh siswa kepada pengalamannya. Sedangkan proses belajar dan pembelajaran bertujuan membentuk manusia yang utuh artinya cerdas, trampil dan memiliki sikap dan nilai yang diharapkan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuan titatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 MI Negeri Padamatang dengan sampel 2 kelas yaitu kelas V (kelas Eksperimen) dan kelas VI (kelas kontrol) dimana masing masing kelas berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digun akan adalah test dan angket. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat yaitu dengan menggunakan uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Gain dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa p ada pokok bahasan Peristiwa alam beserta dampaknya di kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Kreatif-Produktif. Hal ini dilihat berdasarkan hasil uji paired samples test diketahui bahwa diperoleh nilai signifikansi atau Sig (2 -tailed) adalah 0,000. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kreatif - produktif (kelas eksperimen) dengan kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran kreatif-produktif (kelas kontrol) pada pokok bahasan Peristiwa alam beserta dampak nya , hal ini dilihat berdasarkan hasil uji Independent Samples Test diketahui bahwa diperoleh nilai signifikansi atau Sig (2-tailed) adalah 0,000. Kalau dibandingkan, maka nilainya akan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), hal ini berarti bahwa Ho ditol ak dan Ha diterima. Sedangkan untuk respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kreatif -produktif pada pokok bahasan Peristiwa alam beserta dampaknya dikatakan cukup. Hal ini di lihat dari hasil penyebaran angket terhadap penggunaan model pembelaj aran kreatif-produktif pada pokok bahasan Peristiwa alam beserta dampaknya . Hasil prosentase rata -rata jawaban yang telah disebarkan pada 30 responden (siswa) yang menerapkan model pembelajaran kreatif - produktif pada proses belajar mengajarnya. Pada perny ataan positif mayoritas siswa menjawab setuju (60.63%) dan pernyataan negatif mayoritas menjawab tidak setuju (52.5%). Hal ini dapat diartikan bahwa respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kreatif - produktif ini cukup baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:24
Last Modified: 10 Apr 2017 03:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1862

Actions (login required)

View Item View Item