PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI LEGOK 1 KABUPATEN INDRAMAYU (Study Eksperimen)

NURUL HIDAYAH, (2013) PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI LEGOK 1 KABUPATEN INDRAMAYU (Study Eksperimen). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NURUL HIDAYAH_OK-min.pdf

Download (589kB) | Preview

Abstract

NURUL HIDAYAH : Pembelajaran Matematika merupakan pembelajaran yang membutuhkan penalaran yang cermat serta kemampuan dalam memahami dan memecahkan permasalahan. Kendala yang sering ditemui guru dalam mengajar Matematika diantaranya kemampuan pemahaman dan motivasi siswa yang cenderung rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran Matematika yaitu dengan menerapkan metode Problem Solving. Dengan menerapkan metode Problem Solving diharapkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana respon siswa terhadap penerapan metode Problem Solving dalam pembelajaran Matematika, untuk mengkaji bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pokok bahasan Pecahan, dan untuk mengkaji pengaruh dari penerapan metode Problem Solving terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pokok bahasan Pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Legok 1 Kabupaten Indramayu. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar salah satunya yaitu penggunaan metode pembelajaran. Metode Problem Solving merupakan metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran Matematika, karena metode ini dianggap cocok untuk diterapkan khususnya pada materi Pecahan yang memiliki variasi soal, diantaranya bentuk soal cerita. Dalam pembelajaran tersebut membutuhkan pemahaman dan keahlian menganalisis masalah, serta berpikir kritik dalam menyelesaikan suatu permasalahan sederhana yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan demikian diterapkannya metode Problem Solving diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan datanya berupa angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Legok 1 Kabupaten Indramayu berjumlah 35 siswa. Pengambilan sampel pada siswa kelas IV SDN Legok 1 Kabupaten Indramayu yang berjumlah 35 siswa dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan perhitungan software SPSS Versi 16. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Problem Solving diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,61 dengan kriteria tinggi. Sedangkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,59 artinya tingkat keberhasilan belajar siswa tinggi. Persamaan regresi kedua variabel didapat sebesar 0.225 (Ῡ =-1.211+0.225X). Adapun koefisien determinasi diperoleh sebesar 0.588, artinya memiliki pengaruh sebesar 58,8%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel (6.857>2.034), maka dapat disimpulkan; Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh metode Problem Solving (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) pada pelajaran Matematika materi Pecahan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:27
Last Modified: 10 Apr 2017 03:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1863

Actions (login required)

View Item View Item