HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOCUS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (Penelitian di SDN 2 Cipeujeuh Kulon Kec. Lemahabang Kab. Cirebon)

OBY MAULANA, (2013) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOCUS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (Penelitian di SDN 2 Cipeujeuh Kulon Kec. Lemahabang Kab. Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
OBY MAULANA_OK-min.pdf

Download (690kB) | Preview

Abstract

OBY MAULANA : Perkembangan teknologi yang semakin canggih telah banyak melahirkan berbagai macam media pembelajaran yang interaktif dan dapat menarik minat belajar siswa. Akan tetapi dalam memahami mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tidaklah mudah, hal ini yang dirasakan oleh siswa/i SDN 2 Cipeujeuh Kulon. Maka dari itu guru dituntut harus memiliki kemampuan secara metodologis dalam hal perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, termasuk di dalamnya penguasaan dalam penggunaan media pembelajaran, agar siswa lebih semangat dan merasa senang ketika belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan media pembelajaran infocus dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 2 Cipeujeuh Kulon. Media pembelajaran merupakan suatu wadah dari pesan pembelajaran yang berisi materi ajar, yang ingin disampaikan kepada peserta didik secara maksimal dan mudah dipahami sehingga tercipta suasana belajar yang lebih kondusif. Sedangkan prestasi belajar adalah hasil dari suatu proses aktivitas belajar yang membawa perubahan pada diri siswa meliputi perubahan pada aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap yang kemudian dievaluasi dan diaktualisasikan dalam angka ataupun skor. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 2 Cipeujeuh Kulon, dengan teknik pengambilan sampel adalah random sampling, siswa yang dijadikan sampel ialah siswa dari kelas I sampai kelas VI yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat yaitu dengan menggunakan uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Korelasi. Dari hasil analisis deskripsi data, diperoleh rata-rata dari perhitungan skor angket yaitu sebesar 87,18 yang dikategorikan sangat kuat, dan rata-rata nilai prestasi Ilmu Pengetahuan Alam siswa sebesar 80,64 yang dapat dikategorikan baik. Berdasarkan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa, hubungan antara media pembelajaran infocus dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sebesar 0,087.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:29
Last Modified: 10 Apr 2017 03:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1864

Actions (login required)

View Item View Item