PENERAPAN MEDIA TORSO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ORGAN TUBUH MANUSIA ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V MI At-Taubah Kec. Langensari Kota Banjar).

RIAN FEBRIANTO, (2013) PENERAPAN MEDIA TORSO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ORGAN TUBUH MANUSIA ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V MI At-Taubah Kec. Langensari Kota Banjar). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RIAN FEBRIANTO_OK-min.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

RIAN FEBRIANTO : Dengan pembelajaran IPA diharapkan dapat membuat interpretasi fisik dalam arti mampu memahami dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan kehidupan sehari-hari. Karena dalam bidang study IPA setiap konsep itu berkaitan dengan konsep lainnya, akan tetapi realita dilapangan pengetahuan siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Untuk mengarah kepada tujuan yang ingin dicapai penelitian ini menelaah: (a) gambaran proses belajar-mengajar IPA berdasarkan observasi yang dilakukaan pada pembelajaran dengan media Torso; (b) peningkatan hasil belajar siswa; dan (c) sikap siswa terhadap pembelajaran IPA melalui media Torso. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas adalah seluruh siswa kelas V MI At-Taubah Kecamatan Langensari Kota Banjar. Pengumpulan data dilakukan dengan posttest yang berisi soal-soal IPA untuk mengukur keberhasilan siswa pada pokok bahasan organ tubuh manusia. Lembar observasi untuk mengetahui aktifitas siswa dan guru selama proses pembelajaran, dan skala sikap siswa dengan model skala likert dengan teknik penskoran secara aposteriori untuk melihat sikap siswa terhadap pembelajaran IPA dengan mengunkana media Torso. Setelah diberikan perlakuan hasil yang diperoleh: (a) pada kelompok I pada tiap pertemuannya meningkat dan aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan menggunakan media Torso selalu berpijak pada tahap-tahap pembelajaran sesuai indikator organ tubuh manusia sedangkan pada kelompok II aktivitas siswa tidak stabil pada tiap pertemuannya dan aktivitas guru selama proses pembelajaran menggunakan media Torso juga berpijak pada tahap pembelajaran sesuai indikator organ tubuh manusia, (b) peningkatan hasil belajar siswa pada kelompok I meningkat setiap pertemuannya dengan kriteria baik sedangkan pada kelompok II juga meningkat namun peningkatannya tidak terlalu besar dengan kriteria cukup, (c) pembelajaran dengan media Torso lebih menyenagkan bagi siswa dan lebih aktif serta lebih berhasil. Dengan demikian, penerapan media Torso dapat meninggkatkan hasil belajar siswa, (d) sikap siswa terhadap media Torso sebagai alat pembelajaran secara keseluruhan adalah positif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:37
Last Modified: 10 Apr 2017 03:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1867

Actions (login required)

View Item View Item