UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS V SDN 1 ASTANAMUKTI KECAMATAN PANGENAN KABUPATEN CIREBON

Siti Khoirunnisa, (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS V SDN 1 ASTANAMUKTI KECAMATAN PANGENAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI KHOIRUNNISA_58471327_ok-min.pdf

Download (505kB) | Preview

Abstract

Siti Khoirunnisa : Masalah yang dihadapi oleh kelas V dalam pembelanjaran PAI materi membaca dan menulis Al-Qur’an yaitu aktivitas siswa dalam pembelanjaran menurun dikarenakan siswa merasa jenuh, kurang semangat serta penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Selain itu, masih banyak siswa yang kurang memahami membaca dan menulis sesuai berdasarkan harakat dan mahraj yang terdapat dalam ayat Al-Qur’an. Oleh karena itu peneliti tergerak untuk meneliti apa penyebab menurunnya aktifitas belajar siswa dalam materi membaca dan menulis Al- Qur’an melalui metode demonstrasi. Tujuan penelitian terdiri dari dua bagian yakni, pertama meningkatkan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI, materi membaca dan menulis Al-Qur’an dengan menggunakan metode demontrasi di kelas V SDN 1 Astanamukti Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, Kedua meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi membaca dan menulis Al-Qur’an menggunakan metode demonstrasi di kelas V SDN 1 Astanamukti Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN 1 Astanamukti Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon yang berjumlah 25 siswa dengan masa penelitian 2 bulan terhitung mulai 17 April sampai dengan 17 Juni 2012 dengan alokasi waktu 70 menit (2 jam pelajaran) setiap pertemuan. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan berdasarkan temuan melalui 3 kegiatan, yakni siklus I, siklus II dan siklus III. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, hasil observasi dan refleksi serta solusi.Selain itu, juga diadkan tes lisan dan tes tulis untuk mengukur kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an siswa yang baik dan benar sesuai dengan harakat dan mahraj yang terdapat didalamnya. Hasil penelitian sesuai tujuan penelitian yakni pertama, keberhasilan penggunaan metode pembelanjaran demonstrasi pada pembelanjaran membaca dan menulis Al-Qur’an pada siswa kelas V SDN 1 Astanamukti terbukti dapat meningkatkan pembelanjaran pada setiap siklus, siklus I 56,4 siklus II 60,4 dan siklus III 79,2 jadi kemampuan belajar PAI siswa dapat meningkat itu terbukti dari hasil ketuntasan belajar setiap siklus kedua, penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa terhadap materi membaca dan menulis Al- Qur’an ini terlihat meningkatnya tingkat aktifitas dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III yang sangat baik, yakni siklus I sebanyak 10 siswa (40%) dalam kategori baik, sebanyak 3 siswa (12%) masih dalam kategori kurang, sedangkan pada siklus III sebanyak 20 siswa (80%) dalam kategori baik dan sebanyak 5 siswa (20%) dalam kategori sedang terlihat jelas peningkatan aktifitas belajar siswa pada setiap siklusnya jadi penelitian ini dikatakan berhasil. Tingkat keberhasilan menggunakan metode demonstrasi pada pelajaran PAI tentang membaca dan menulis Al-Qur’an pada siswa kelas V SDN 1 Astanamukti Kec. Pangenan Kab. Cirebon terbukti dengan peningkatan pada siklus I 56,4, siklus II 60,4 dan siklus III 79,2. Jadi hasil belajar PAI siswa dapat meningkat dengan baik, itu terbukti dari meningkatnya hasil belajar pada setiap siklus.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:51
Last Modified: 10 Apr 2017 03:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1872

Actions (login required)

View Item View Item