PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (Penelitian diKelas 3 Madrasah IbtidaiyahSalafiyah Kota Cirebon)

SITI MAEMUNAH, (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (Penelitian diKelas 3 Madrasah IbtidaiyahSalafiyah Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI MAEMUNAH_OK-min.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

SITI MAEMUNAH : Pembelajaran pada umumnya dengan penggunaan model pembelajaran langsung tidak asing dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran di tingkat dasar, karena di tingkat dasar ini siswa masih membutuhkan banyak pengarahan dari pengajar dalam menyampaikan materi. Meskipun model pembelajaran langsung sudah diterapkan secara efektif tetapi hasilnya belum mencapai KKM. Selain itu juga, kecenderungan dalam belajar matematika siswa mengganggap pelajaran yang sulit karena banyak menghitung dan memusingkan siswa. Akibatnya, belajar matematika tidak tesentuh dalam pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar belum mencapai (KKM). Dengan hal tersebut penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran matematika di kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Kota Cirebon.Penelitian bertujuan untuk mengetahui tentang penggunaan model pembelajaran langsung dalam proses kegiatan pembelajaran, mengetahui hasil belajar matematika pokok bahasan bangun datar kelas 3, dan mengetahui pengaruh dari penggunaan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan bangun datar kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Kota Cirebon. Landasan teori dalam penggunaan model pembelajaran langsung ini adalah menggunakan teori belajar sosial yang dipopulerkan oleh Bandura. Siswa akan cenderung menirukan tingkah laku dari yang dimodelkan pengajarnya. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian adalah metode eksperimen dengan pengumpulan data angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas 3 MI Salafiyah Kota Cirebon. Sampel yang digunakan adalah penelitian populasi, yakni kelas 3A sebagai kelas kontrol dan kelas 3B sebagai kelas eksperimen. Hasil perhitungan dari tes nilai rata-rata adalah 7,97. Sedangkan dari hasil perhitungan hiipotesis menunjukan bahwa thitung ≥ ttabel (8,195 ≥ 2,03). Berdasarkan nilai r = 0,823 berada antara 0,800-1,00 (pengaruh MBL terhadap hasil belajar siswa yaitu 68%), Sementara persamaan regresinya yaitu

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:53
Last Modified: 10 Apr 2017 03:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1873

Actions (login required)

View Item View Item