PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ( Eksperimen di Madrasah Ibtidaiyah Darurrohman Kertanegara Haurgeulis Indramayu )

ANT0N SUJARWO, (2013) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ( Eksperimen di Madrasah Ibtidaiyah Darurrohman Kertanegara Haurgeulis Indramayu ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Skripsi Anton Sujarwo 2013(pgmi)-min.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ANT0N SUJARWO : Pembelajaran IPS tidak hanya terbatas di MI, melainkan diajarkan mulai dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Materi yang dipelajari IPS sangat luas dan berkembang. Dari data yang tersaji terlihat bahwa nilai rata-rata mata pelajaran IPS cenderung mengalami penurunan. Hal tersebut menunjukkan adanya hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran baik yang terjadi pada guru maupun siswa. Oleh karena itu untuk melatih agar siswa memiliki kecakapan-kecakapan terhadap materi yang dipelajari perlu diadakan latihanlatihan melalui penerapan metode diskusi. Digunakannya metode ini dengan suatu tujuan agar siswa tidak merasa bosan, jemu dan jenuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV melalui metode diskusi pada pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Darurrohman Kertanegara Haurgeulis Indramayu. Motivasi adalah hal-hal yang mendorong aktivitas-aktivitas yang merupakan alasan dilakukannya suatu perbuatan. Selain itu, motivasi adalah perubahan energi dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.Belajar dapat diartikan sebagai suatu proses perolehan tingkah laku yang dilakukan individu melalui latihan dan pengalaman sehingga menghasilkan tingkah laku baru yang relatif permanen setelah bereaksi dengan lingkungan. Metode Diskusi secara berkelompok merupakan salah satu metode yang sangat cocok untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang termasuk penelitian kualitatif karena dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Darurrohman Kertanegara.Subyek penelitian adalah pihak yang terlibat dalam penelitian, yaitu kepala madrasah, guru bidang studi IPS, siswa kelas IV yang berjumlah 10 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen, tes, observasi, dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa. Ini ditunjukkan dari hasil observasi pada pra siklus sebanyak 3 siswa dengan kriteria cukup, 7 siswa dengan kriteria kurang. 0 siswa dengan kriteria baik. Siklus I sebanyak 1 siswa dengan kriteria baik, 4 siswa dengan kriteria cukup, 5 siswa dengan kriteria kurang. Dan siklus II sebanyak 2 siswa dengan kriteria amat baik, 5 siswa dengan kriteria baik, 3 siswa dengan kriteria cukup, 0 siswa dengan kriteria kurang. Kata Kunci : Metode diskusi, Motivasi belajar siswa, Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:59
Last Modified: 10 Apr 2017 03:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1875

Actions (login required)

View Item View Item