UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE QIROATI (PTK) PADA SISWA KELAS III SDN JATISAWIT 1 KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN INDRAMAYU Studi Kasus Pengenalan Bacaan Kalimat Al-Qur’an

MAHPUD, (2013) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE QIROATI (PTK) PADA SISWA KELAS III SDN JATISAWIT 1 KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN INDRAMAYU Studi Kasus Pengenalan Bacaan Kalimat Al-Qur’an. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MAHPUD (NIM 594801111) (WM BLM)(pgmi)-min.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

MAHPUD : Al-Qur‟an merupakan kitab suci umat Islam yang sempurna dan tergolong kedalam kitab suci yang memiliki pengaruh yang sangat luas dan mendalam terhadap jiwa manusia, jika usaha untuk mengenalkan dan mempelajarai Al-Qur‟an telah mulai dilakukan sejak dini, maka akan menghasilkan proses pembelajaran yang lebih baik. Dengan Metode Qiroati ini adalah merupakan upaya untuk lebih meningkatkan lagi pembelajaran Al-Qur‟an. Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar yang dilakukan untuk membimbing, mengarahkan anak didik menuju terbentuknya pribadi yang berdasarkan pada nilainilai etika Islam sehingga terciptalah warga Negara yang berpancasila dengan sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang dilakukan didalam kelas dibantu oleh teman sejawat sebagai peneliti dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan prakrik pembelajaran. Hasil yang diperoleh pada tahap observasi dan evaluasi dianalisis kelemahan atau kekurangan yang terjadi pada setiap siklus akan diperbaiki pada siklus berikutnya. Pada siklus pertama memperoleh nilai 61 sedangkan siklus kedua 72, siklus ketiga 80, sumber dalam personil penelitian yang terdiri dari siswa dan guru, jenis data adalah data kuantitatif yang diperoleh dari tes hasil belajar dan data kuantitatif yang diperoleh melalui lembar observasi, kuesioner. Respon siswa dalam belajar membaca Al-Qur‟an melalui penggunaan Metode Qiroati sangat antusias, aktif dan kreatif. Pada siklus pertama yaitu 61,52%, sedangkan pada siklus kedua memperoleh nilai 72%, pada siklus ketiga memperoleh nilai 80%. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapanMetode Qiroati pada Baca Tulis Al-Qur‟an dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas III di SDN Jatisawit I kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu. Namun demikian setiap metode ada keberhasilan dan kekurangannya, tergantung pengajar memilih dan meminimalisir kekurangan tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 04:03
Last Modified: 10 Apr 2017 04:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1876

Actions (login required)

View Item View Item