KORELASI ANTARA KOMPETENSI MENGAJAR GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FIQIH (Penelitian di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Harjamukti Cirebon)

Tina Nuraini, (2013) KORELASI ANTARA KOMPETENSI MENGAJAR GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FIQIH (Penelitian di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Harjamukti Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
TINA NURAINI_59471327_OK.pdf

Download (878kB) | Preview

Abstract

Tina Nuraini : Guru dan dosen sebagai manusia yang mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat strategis dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Kedudukan guru dan dosen sebagai tenaga profesional mempunyai visi terwujudnya penyelenggaraan pembelajaran sesuai dengan prinsip-prinsip profesionalitas untuk memenuhi hak yang sama bagi setiap warga negara dalam memperoleh pendidikan yang bermutu. Kompetensi mengajar guru diberikan secara baik dan benar dapat meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar merupakan hasil yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari aktivitas dalam belajar. Hasil atau taraf kemampuan yang telah dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar dalam waktu tertentu baik berupa perubahan tingkah laku, pengetahuan akan diukur dan dinilai dalam pernyataan/angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi mengajar guru, mengetahui hasil belajar fiqih siswa di kelas V, dan mengetahui korelasi dari kompetensi mengajar guru dengan hasil belajar siswa pada pelajaran fiqih di kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Harjamukti Cirebon. Berdasarkan hasil di atas baik pernyataan ataupun bagan kerangka pemikiran bahwa korelasi kompetensi mengajar guru dengan hasil belajar fiqih itu bergantung kepada kompetensi guru khusunya dalam mengajar. Tetapi hasil belajar fiqih siswa tersebut tidak serta merta sebagai satu-satunya alasan tetapi perhatian orangtua siswa kepada anaknya agar selalu memperhatikan anakanaknya mendapatkan perhatian dan bimbingan secara baik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu suatu cara untuk memperoleh ilmu yang dihadapi dan dilakukan secara hati-hati dan sistematis, dimana data-data yang dikumpulkan berupa rangkaian atau kumpulan angkaangka. Data tersebut menggunakan populasi dan sampel. Peneliti menggunakan software komputer yaitu SPSS versi 16,0 dalam penghitungan. Hasil penelitian variabel kompetensi mengajar guru dengan nilai ratarata/ mean yaitu 90,53 dan variabel hasil belajar fiqih 20,39. Standar deviasi variabel kompetensi mengajar guru 30,043 dan variabel hasil belajar fiqih 3,185. Nilai minimum variabel kompetensi mengajar guru 45 dan variabel hasil belajar fiqih 26. Nilai maximum variabel kompetensi mengajar guru 137 dan hasil belajar fiqih 26. Uji normalitas Kolmogorov-Smirnov nilai signifikansi kompetensi mengajar guru 0,000 yang kurang dari 0,05 dan hasil belajar siswa 0,064 yang lebih dari 0,05 artinya data tersebut berdistribusi tidak normal. Uji hipotesis One Way Anova nilai signifikansi kompetensi mengajar guru 0,000 yang kurang dari 0,05 artinya data tersebut tidak homogen. uji korelasi dengan Sperman Rank sebesar 0,582 sedangkan dengan Kendall’s Tau sebesar 0,529 yang berarti lebih dari dari 0,05. Berdasarkan hasil di atas bahwa nilai korelasi tersebut di antara nilai 0,40 – 0,70 Antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang sedang atau cukup. Hasil perhitungan di atas nilai koefisien determinasi yaitu 0,582. Hipotesis statistik tersebut lebih dari 0,582 maka terdapat hipotesis statistik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 04:22
Last Modified: 10 Apr 2017 04:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1884

Actions (login required)

View Item View Item